Di Timika Bisa Nikmati Sensasi Segar Buah Naga Lokal Langsung Dari Pohonnya

Bagikan Bagikan
Rolasabin Sibarani, pengelola kebun Buah Naga. (Foto: SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) - Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. 

Buah naga memiliki rasa yang yang enak, manis, kadang-kadang sedikit asam, dapat dikonsumsi sebagai buah segar, maupun diolah, serta  sebagai campuran makanan dan minuman lainnya. 

Secara umum,  kandungan nutrisi dari buah naga adalah: Air 90,20% ,Karbohidrat 11,50%, Protein 0,53% ,Lemak  0,40%, Serat  0,71%, Calcium 6-10 mg/100g, Fosfor 8,70%, Vitamin C: 9,40%.  Untuk jenis yang berdaging buah  merah,  mengandung beta carotene yang  berfungsi sebagai  antioksidan.  

Buat pecinta buah-buahan, khususnya buah naga bisa menikmati sensasi makan buah naga yang segar langsung dari pohonnya di Timika, tepatnya di Jalan Trans Nabire Timika.

Pengelola kebun buah naga yakni sepasang suami istri Bernadeta Manik dan Rolasabin Sibarani ini mengelola kebun buah naga sejak tahun 2017.

"Pemiliknya ada, kami hanya mengelola. Kami pertama kali tanam awal tahun 2017 kemudian mulai panen pada akhir tahun 2017, karena memang harus menunggu satu tahun baru bisa berbuah. Setelah itu kami bisa panen terus hingga sekarang," jelas Bernadeta Manik saat dikunjungi oleh Salam Papua di Kebun miliknya, Selasa (19/11).

Hamparan pohon buah naga. (Foto: SAPA/Kristin)
Ia mengatakan buah naga tersebut sudah dipasarkan  di Pasar Sentral maupun di penjual buah lainnya. 

"Tapi memang banyak juga yang membeli di luar Timika kemudian dijual di sini. Tapi kalau di sini kami jual lebih murah dan tentunya lebih segar," jelasnya.

Untuk harga, Bernadeta menjelaskan perkilonya Rp.30 ribu. Dan harga tersebut sama dijual ke pembeli yang mau menjual lagi.

"Untuk produksinya kami layani siapa saja yang mau membeli, berapapun tergantung ketersediaan buah. Jadi untuk masyarakat yang mau membeli bisa saja langsung datang ke kebun kami," ujarnya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment