Disperindag Mimika Tangkap Basah Mobil Tanki BBM Sedot dan Jual Solar ke Bengkel di KM 8

Bagikan Bagikan
Mobil tanki BBM yang ditemukan menyedot solar dari tangki di salah satu bengkel. (Foto: SAPA/Saldi)

SAPA (TIMIKA) - Petugas Dinas Perindustrian dan Pedagangan (Disperindag) menangkap basah mobil pengangkut BBM jenis solar yang singgah di jalan kemudian menyedot solar dari tanki untuk dijual ke penadah, Jumat (15/11), di salah satu bengkel di Kilometer 8, Jalan Poros Mapurujaya, Kabupaten Mimika. 

Dipimpin langsung Kepala Disperindag Kabupaten Mimika, Bernadinus Songbes, Disperindag melakukan pengawasan dengan mengintai aktivitas mobil tangki yang memuat BBM dari Jober, Poumako, menuju lokasi penampungan BBM di Timika, baik ke SPBU maupun PLN. 

Setelah menunggu berjam-jam di Kampung Kadun Jaya, Distrik Wania, yang merupakan area perlintasan mobil tanki BBM dari Jober menuju Timika, ditemukan mobil tanki BBM milik PT Golden Bucket yang dikemudikan oleh saudara DS (32) masuk ke arah lorong salah satu bengkel di area Kilometer 8. Saat mendatangi mobil tanki tersebut, ditemukan pengemudi atau supir sedang menyedot BBM jenis solar dari tanki ke sebuah jerigen.


Kepala Disperindag menerangkan, sejak Agustus 2019 pihaknya telah menugaskan salah satu staf untuk melacak mobil-mobil tangki BBM sebelum tiba di lokasi tujuan penampungan terakhir BBM sering singgah di tengah jalan. Akhirnya beberapa kali ditemukan sejumlah mobil tangki yang singgah di area Kilometer 8.

"Mobil-mobil tanki yang pernah singgah dan sudah kita intai sebelumnya, diantaranya milik PT Kalimas, PT Indra Lintas Samudera dan yang ini PT Golden Bucket. Semua itu kita ada bukti foto maupun video, nanti kita kasih semuanya," kata Songbes. 

Saat ditemukan menyedot BBM, terdapat 2 jerigen solar yang masing-masingnya berisi 25 liter. Pengakuan supir bahwa solar yang berada di tanki berkuran 8.000 liter tersebut akan dibawa ke PLN. 


Di lokasi itu juga ditemukan ada banyak drum maupun jerigen baik kosong maupun berisi BBM jenis solar. 

Setelah ketangkap basah, mobil tanki bersama supir diarahkan ke Kantor Polres Mimika untuk diserahkan ke penyidik guna menindak lanjuti temuan ini. (Saldi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment