Harga Bensin Eceran Melonjak Hingga Rp 30 Ribu Perbotol, Masyarakat Klaim Pemkab Mimika Tidak Peduli

Bagikan Bagikan
Antrian di SPBU SP2. (Foto: SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Sejak dua hari lalu, masyarakat Mimika terkejut lantaran harga bensin eceran meolonjak mulai Rp 20 ribu, Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu. 

Kenaikan drastis harga salah satu kebutuhan pokok ini, tentunya merugikan masyarakat sehingga masyarakatpun menilai bahwa Pemkab Mimika tidak peduli untuk membendung permaian harga bensin. Pemerintah dinilai kalah oleh Pertamina sehingga Pertamina bisa mempermainkan kuota yang berpengaruh kepada kenaikan harga eceran.

"Sekitar pukul 21.00 WIT tanggal 27 November saya beli harga Rp 20 ribu. Tapi pas pagi hari di tanggal 28 November sudah naik jadi Rp 25 ribu. Sekarang sudah naik lagi jadi Rp 30 ribu. Kenapa Pemerintah kita diam saja," ungkap Aswar yang merupakan tukang ojek kepada Salam Papua di Jalan Cenderawasih, Jumat (29/11).

Menurut dia, meski Pemerintah tidak berwenang menginterfensi Pertamina, namun mengingat Pertmina berkiprah di wilayah pemerintahan Mimika, maka Pemkab Mimika harus mengambil langkah sehingga masyarakat tidak menjerit terus menerus.

"Kenaikan harga bensin ini sangat berpengaruh ke aktifitas lainnya. Kalau Pemkab diam terus, maka seanaknya Pertamina bermain," tuturnya.

Selain Aswar, hal yang sama juga diakui oleh Rifaldy. Saat ditemui dipangkalannya di SP2, pria asal Jawa inu mengaku karena lama mengantri di SPBU, terpaksa ia membeli bensin eceran seharga Rp 30 ribu perbotol. Harga tersebut sangat melonjak jauh dari beberapa waktu sebelumnya.

"Kalau harga Rp 10 ribu atau Rp 15 ribu itu masih bisa kita imbangi dengan pemasukan, tapi kalau sampai Rp 20 hingga Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu, berarti sudah keterlaluan," ungkapnya.

Dijelaskan, kenaikan harga bensin menuntut kenaikan tarif ojek. 

Pedagang bensin eceran di seputaran Jalan Cenderawasih mengaku, kenaikan harga sepihak ini tentunya lantaran kelangkaan BBM yang selama ini terjadi. 

"Kita mau bagaimana lagi karena kita juga belinya mahal. Lagian tidak mungkin kita tetap jual dengan harga biasa kalau di SPBU dikenakan harga mahal," ungkap pedagang yang enggan sebutkan namanya ini. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Permisi semua, ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan bermodal hanya 20K saja bisa berkesempatan menang hingga puluhan juta rupiah, banyak promo menarik yang kami tawarkan :
    - Extra Bonus 200%
    - Bonus Cashbak 100% kekalahan Modal pertama kami ganti.
    segera bergabung bersama kami di qqharian.info

    ReplyDelete
  2. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Sport165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Sport165 titik co paling best ya guys...

    ReplyDelete