Jelang PON, Diskop Papua Gelar Pelatihan Bersama Pelaku UMKM Mimika

Bagikan Bagikan
Pelatihan di rumah kreatif BUMN Mimika. (Foto: SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Jelang pelaksanaan PON ke XX tahun 2020, Dinas Koperasi Provinsi Papua gelar pelatihan bersama para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Mimika.

Koordinator Kegiatan, Fatimah Tampubolon mengatakan, pelatihan yang dilakukan adalah untuk mendorong keterampilan produksi handycraft dan souvenir, peningkatan usaha UMKM melalui jaringan Kemitraan dan kegiatan penguatan usaha ekonomi produksi UMKM. 

Tujuannya sebagai persiapan menyambut PON dan Pesparawi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Mimika pada tahun 2020 mendatang. 

“Karena untuk persiapan PON, berarti kreatifitas atau usahanya  dari kelompok-kelompok ini bisa lebih meningkat lagi. Ada tiga kegiatan yang dilaksanakan, yang mana dua kegiatan dilaksanakan di Rumah Kreatif Bank BRI dan satu kegiatan lainnya digelar di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Mimika,”kata Fatma, Selasa (19/11).

Dijelaskan, peningkatan usaha UMKM melalui jaringan kemitraan ini lebih kepada kelompok untuk kemasannya, produksi  handycraft dan souvenir adalah pelatihan noken untuk mama-mama Papua dan pelatihan produksi adalah pembuatan keripik singking. Sehingga diharapkan ke depannya semua kelompok yang mengikuti pelatihan ini, bisa menjadi mentor bagi kelompok lain yang tidak mengikuti termasuk seluruh masyarakat Mimika yang memang bergerak di bidang wirausaha.

“Semoga kelompok-kelompok ini bisa membuat souvenir dan makanan yang banyak untuk para tamu dari luar Timika pada dua kegiatan besar nanti,” jelasnya.

Asistan Manager Pemasaran Mikro BRI Cabang Timika, Mathius Patuaran megatakan bahwa konsen Bank BRI adalah di UMKM. Dengan adanya Rumah Kreatif dan binaan dari koperasi ini akan sering dilakukan pertemuan. Semua hasil karya dari semua kelompok UMKM ini akan dip[asarkan melalui rumah kreatif BRI seperti  keripik, noken dan karya seni lainnya.

 “Nanti kita upload website RKBBI sehingga diseluruh Indonesia bisa mengetahui bahwa di Timika ada prodak-prodak noken dan lainnya yang berkualitas jadi mereka bisa membeli di sini,” kata Mathius. 

Di rumah kretif BRI  juga mensosialisasikan kepada setiap peserta  untuk bagaimana mengelola keuangan,  mengelola hasil yang mereka dapat lewat pembukaan rekening. 

“Jadi kami tawarkan supay mereka menabung di tabungan Teman Simpedes yang merupakan program terbaru Bank BRI,” jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment