Kadiskesau Pantau Pelayanan RS Pangkalan Udara Manuhua Biak

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara Marsma TNI isdwiranto brpose bersama Kadisop Lanud Manuhua Kolonel Pnb Abram Tumanduk dan Kadis Kesehatan Biak dr. Daisy Ch Urbanas serta Kepala BPJS Kesehatan Budi Sukwara.(Foto-Antara)

SAPA (BIAK) - Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara (Kadiskesau) Marsma TNI Dr dr Isdwiranto melaksanakan tugas monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan di lingkungan Rumah Sakit tingkat IV Pangkalan Udara Manuhua Biak, Papua, Rabu.

Kadiskesau Marsma Isdwiranto mengatakan, perjalanan Rumah Sakit tingkat IV Lanud Manuhua sebagai klinik Pratama melaksanakan tugas dukungan operasi dan memberikan pelayanan kesehatan kepada TNI, keluarga serta masyarakat.

"Sampai saat ini, RS Lanud Manuhua belum memiliki izin operasional. Kalau izin operasional belum dimiliki maka BPJS tidak bisa membantu karena tidak ada pelurunya,"ujar Marsma Isdwiranto.

Ia menegaskan, prioritas kita saat ini untuk meningkatkan type Rumah Sakit Lanud Manuhua, karena di kota ini sudah berdiri Koopsau III, Kogabwilhan III, ada Kosek IV, Lanud Manuhua, Satrad 242 Tanjung Warari, Batalyon Paskhas 468 serta satuan TNI lainnya.

"Meski telah banyak satuan TNI di Biak Namun rumah sakitnya masih berstatus Klinik belum memiliki ijin operasional,"katanya.

Kadiskesau Marsma Isdwiranto meminta sinergitas antara Diskesau, Dinkes, BPJS dan Rumah Sakit Umum Daerah Biak untuk memajukan type RS Lanud Manuhua Biak.

Sementara itu, Kadinkes Biak Numfor dr Daisy Ch Urbinas menambahkan, pentingnya meningkatkan pelayanan kesehatan di RS Lanud Manuhua Biak.

Peningkatan pelayanan kesehatan Rumah Sakit Lanud Manuhua, menurut Kadinkes Daisy Urbinas, didasari beberapa pertimbangan yaitu daya tampung pasien di RS ini lebih banyak dibanding dengan RS yang ada di Biak.

Dengan perubahan type RS Lanud Manuhua, menurut Daisy Urbinas, diharapkan dapat mengatasi banyaknya pasien yang berobat di Biak serta letak strategis RS yang berada di pusat kota Biak menjadi pilihan utama pasien untuk berobat.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, kita akan segera memprosesnya minimal ijin operasional dapat segera keluar.

"Sehingga pelayanan kesehatan yang lebih baik bisa terwujud segera bagi tanah Papua dan untuk Indonesia,"ungkap Kadinkes Daisy Urbinas.

Kepala BPJS-Kesehatan Biak Budi Sukwara menyampaikan, pihaknya =sangat senang mendengar program rencana peningkatan type status RS lanud Manuhua Biak.

"Hal ini merupakan sebuah gayung bersambut, dimana Diskesau siap untuk meningkatkan status RS Tingkat IV Lanud Manuhua Biak,"katanya.

"Kami dari BPJS-Kesehatan cabang Biak akan bersinergi. Satu program kami untuk menambah pelayanan Askes sudah disambut, semoga RS Lanud Manuhua dapat menjadi Askes kami berikutnya,"ujar Budi Sukwara.

Kadisops Lanud Manuhua Kol Pnb Abram Tumanduk mewakili Danlanud Biak menyampaikan, selamat datang kepada rombongan Kadiskesau di Lanud Manuhua untuk kegiatan monitoring dan evaluasi RS Lanud Manuhua.

"Semoga data-data monitoring dan evaluasi yang diperoleh Dinas Kesehatan Angkatan Udara dapat digunakan sebagai bahan acuan pertimbangan yang bermanfaat dalam meningkatkan type Rumah Sakit Lanud Manuhua,"katanya.

Ia mengatakan, peningkatan type rumah sakit Lanud Manuhua Biak untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi prajurit TNI dan keluarganya serta masyarakat di Kabupaten Biak Numfor.

Dihadapkan dengan tugas dan type RS saat ini, menurut Kolonel Abram Tumanduk, pihaknya menghadapi permasalahan pelayanan kesehatan, managemen dan mutu yang menghambat pencapaian visi yang sudah dicanangkan.

"Untuk mewujudkan visi Rumah Sakit "Menjadi Rumah Sakit yang profesional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kesehatan, kami menyarankan agar permasalahan yang dihadapi RS Lanud Manuhua dapat diatasi,"harap Kolonel Pnb Abram Tumanduk.

Kasubdisyankes Diskesau Kol Kes dr. Roikhwan yang dihadapi RS Lanud Manuhua dengan poin pentingnya adalah bagaimana memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan keluarga TNI.

"Hari ini sebuah persoalan layanan kesehatan harus kota putuskan di tempat ini. Mari kita bersinerg antara Diskesau, Dinkes Biak Numfor, BPJS-Kesehatan Biak, RSUD Biak, RS Angkatan Laut," ujarnya.

Monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan RS Lanud Manuhua dilakukan rombongan Kadiskesau Marsma TNI Isdwiranto dilanjutkan dengan tanya jawab terkait dengan rencana peningkatan status type rumah sakit Pangkalan Udara Manuhua Biak. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment