Kelapa Sawit di PT.P AL Sudah Layak Panen Namun Terkendala Pabrik

Bagikan Bagikan
Pohon Kelapa Sawit yang sudah layak dipanen. (Foto: SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) - Kelapa Sawit yang sudah ditanam sejak tahun 2012 di perusahaan perkebunan kelapa sawit di kawasan hutan Iwaka, Jalan Trans Timika-Paniai yakni PT Pusaka Agro Lestari (PAL) sudah layak dipanen. Namun saat ini masih mengalami kendala belum ada Pabrik pengelola minyak kelapa sawit.

"Usia kelapa sawit di sini ada yang ditanam stahun 2012, dan sampai sekarang masih ada juga yang ditanam. Seharusnya tanaman menghasilkan (TM) itu tiga tahunan lah sudah di panen," jelas Staf HRD PT.PAL, Bastian Kepada Salam Papua, Selasa (19/11).

Ia menjelaskan saat ini lahan yang sudah ditanam kelapa sawit sekitar 8000 hektar. Dan perhektar pohon kelapa sawit yang ditanam sebanyak 143 pohon.

Namun saat ini karena keterbatasan dana sehingga  pembangunan pabrik belum bisa dilakukan.

"Harus ada pabrik dulu baru bisa dipanen. Memang kalau ada tanaman sawit harus ada pabriknya, karena kalau tidak ada pabriknya tentu kita tidak bisa olah," jelasnya.

Bastian juga menyampaikan bahwa saat ini Lokasi pembangunan pabrik sudah siap namun saat ini masih menunggu investor.

Selain masalah pabrik, kapal tongkang pengangkut minyak kelapa sawit juga belum bisa masuk ke pelabuhan Timika dikarenakan kapal tongkang berukuran sangat besar.

"Semuanya masih dibahas oleh pihak manajemen, nanti seperti apa mekanismenya masih dibahas," katanya.

Sementara itu, saat pabrik kelapa Sawit sudah ada, tentu akan ada penambahan karyawan. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment