KPU Papua Petakan Kabupaten Rawan Masalah Terkait Pilkada 2020

Bagikan Bagikan
Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay . (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua tengah memetakan beberapa kabupaten yang dinilai rawan masalah terkait pelaksanaan Pilkada serentak pada 2020.

Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay di Jayapura, Rabu, mengatakan, beberapa kabupaten tersebut, yakni Mamberamo Raya, Supiori dan Yahukimo.

"Beberapa kabupaten tersebut akhirnya mendapat perhatian khusus dari KPU Papua," katanya.

Menurut Theodorus, penilaian rawan tersebut kaitannya dengan penyelesaian perolehan suara yang belum selesai di pemilu 2019 di mana akan terbawa ke pilkada selanjutnya

"Kemudian permasalahan kurang harmonisnya komisioner dengan sekretaris, lalu juga antara dua komisioner dengan tiga komisioner dan lain sebagainya," ujarnya.

Kini pihaknya tengah melakukan langkah-langkah penguatan kapasitas, lalu leadership training mental dan karakter, harmonisasi dan rekonsiliasi.

"Kami pun sudah membangun komunikasi dan koordinasi bersama para bupati penyelenggara pilkada serentak agar memfasilitasi KPU di 11 kabupaten dengan anggaran untuk melaksanakan tahapan pemilu," katanya.

Dia menambahkan untuk persiapan pelaksanaan pilkada serentak sendiri, pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait dukungan perseorangan dan PKPU, penyerahan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) serta peluncuran pelaksanaan hajatan nasional demokrasi tersebut. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment