Mimika Patut Berbangga, Memiliki Wasit Wanita Cantik Bola Basket Yang Akan Terlibat di PON 2020

Bagikan Bagikan
Theysa Nohany Siku

SAPA (TIMIKA) - Saat ini Kabupaten Mimika boleh berbangga karena memiliki seorang wasit wanita untuk cabang olahraga bola basket (basketball) yang akan terlibat di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang.

Wasit wanita berparas cantik dan manis / eksotik tetsebut bernama Theysa Nohany Siku, kelahiran 11 November 2000, anak dari  Pdt. Severinus Siku dan ibu Pdt. Andi Eda.

Tak jarang dengan kehadirannya membuat suasana lapangan makin meriah. Melihat perasnya yang manis dan ketegasannya di lapangan, membuat para pebasket manapun semakin respek dan supporterpun makin terhibur.

Bersama wasit FIBA dan nasional
Echa panggilan akrab sehari-harinya, mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk kemajuan basket di tanah Amungsa.
Dengan berbekal Lisensi B2, Echa sudah pernah dipercaya untuk memimpin Bupati Cup, Perbasi Cup, dan kejurda Papua 2019.

Wanita dengan Instagram : @Theysa_free mengatakan bahwa alasan pertama memutuskan menjadi wasit karena Mimika sendiri sangat kurang yang namanya wasit basket, apalagi wasit wanita.

"Karena dari menjadi seorang wasit saya banyak belajar bagaimana bertanggung jawab dengan suatu keputusan dan tetap teguh pada keputusan tersebut, juga sabar walaupun terkadang dicaci maki oleh banyak orang," ujarnya. 

:Dicaci maki itu sakit, apa lagi kita tidak salah dan sudah ikut aturan. Tapi caci maki itu yang membuat kita semakin kuat dan tegar , ya ini dinamikanya jadi wasit. Saya mencintai profesi ini," ujarnya lagi.

Memimpin Kejurda Papua

Echa menambahkan, bahwa dia juga akan terlibat di PON 2020. Saat ini dirinya lagi berusaha untuk memenuhi kriteria wasit basket PON 2020, dan berusaha selangkah lagi untuk mendapatkan linsensi B1. 

"Mohon dukungannya ya," ujar Echa yang ternyata juga memiliki skill dance bersama kembarannya Echi dan adiknya Vanny.

Echa mengatakan harapannya pemerintah terus memberikan dukungan untuk seluruh cabang olahraga, bukan hanya basket. 

"Karena saya yakin banyak atlet luar biasa di Mimika ini dan banyak putra putri daerah memiliki potensi, khususnya di bidang olahraga. Saya berharap jangan hanya sampai PON saja dukungan pemerintah itu ada, tapi seterusnya harus ada untuk generasi berikutnya," ujar Echa. 

"Ingat pemimpin-pemimpin yang ada saat ini punya tanggung jawab besar untuk membangun dan memberikan warisan-warisan yang baik kepada generasi-generasi muda diberbagai aspek. Apa yang bisa kita jawab kalau seandainya Tuhan bertanya, apa yang sudah kita perbuat untuk Tanah Amungsa?" kata Echa lagi. (Red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Permisi semua, ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan bermodal hanya 20K saja bisa berkesempatan menang hingga puluhan juta rupiah, banyak promo menarik yang kami tawarkan :
    - Extra Bonus 200%
    - Bonus Cashbak 100% kekalahan Modal pertama kami ganti.
    segera bergabung bersama kami di qqharian.info

    ReplyDelete