Pieter Magal: Lemasa dan Lemasko Harus Membenahi Diri

Bagikan Bagikan
Pieter Yan Magal. (Foto: SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Tokoh masyarakat Mimika, Pieter Yan Magal menilai dua Lembaga adat besar yang punya hak ulayat di Kabupaten Mimika yakni Lembaga Masyarakat Adat Suku Amungme ( Lemasa) dan Lembaga Masyarakat Adat Suku Kamoro (Lemasko) harus membenahi diri.

Pieter mengatakan, Lemasa dan Lemasko harus punya integritas diri, sebagai pemilik hak ulayat di daerah ini.

"Semua orang dari belahan mana saja yang ada di Nusantara ini datang ke Papua khususnya di Mimika, harus punya nurani untuk hormati  orang asli di sini, terutama dua Suku besar ini, " ungkap Pieter berkesempatan hadir dalam kegiatan Sosialisasi pembentukan daerah otonomi baru Provinsi Papua Tengah, yang dilaksanakan di Mimika pada Selasa (19/11) disalah satu hotel di Timika.

Ia mengungkapkan, Ini menjadi tugas besar bagi Lemasa dan Lemasko sebagai tuan rumah di kabupaten ini.

"Kedua lembaga ini harus punya integritas, karena semua yang ada di Mimika bernaung dibawa dua Suku besar ini yakni Amungme dan Kamoro sebagai pemilik hak ulayat tanah ini, jangan sampai hal itu menjadi terbalik," ujarnya.

Ia berharap dua lembaga adat besar ini dapat membenahi diri. Ia menilai pada dua lembaga ada ini krisis kepemimpinan dan pemerintah harus melihat ini agar kedua lembaga ini bisa punya integritas dan ke depan lebih baik.  (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Sport165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Sport165 titik co paling best ya guys...


    ReplyDelete