Polisi Bubarkan Simpatisan KNPB yang Hendak Lakukan Aksi Terkait HUT di Lapangan Timika Indah

Bagikan Bagikan
Kabag Ops Polres Mimika AKP Andyka Aer (Foto: SAPA/Salma)

SAPA (TIMIKA) -  Puluhan massa yang diduga simpatisan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Timika Indah, Selasa (19/11) dibubarkan aparat keamanan gabungan TNI-Polri lantaran dinilai hendak melakukan kegiatan yang mengarah pada peringatan HUT KNPB Ke-11.

Membenarkan hal tersebut, Kabag Ops Polres Mimika AKP Andyka Aer mengatakan bahwa pihak kepolisian tidak mentolerir kegiatan yang bertentangan dengan kedaulatan NKRI.  Dimana diketahui, organisasi KNPB tidak terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Mimika sehingga dianggap illegal.

“Sekitar tiga puluhan orang di Timika Indah kita bubarkan untuk pulang ke rumah masing-masing.  Jadi kita mencegah perkumpulan massa terutama KNPB atau kelompok yang masih berseberangan dengan ideologi negara kita,” ujarnya saat ditemui Salam Papua di Kantor DPRD Mimika, Selasa (19/11).
  
Kata AKP Andyka Aer, pembubaran tersebut dilakukan oleh personel gabungan yang telah diploting pada apel kamtibmas untuk selanjutnya melakukan patroli.

“Kita tahu bahwa tahun-tahun sebelumnya KNPB sering melakukan kegiatan.  Jadi kita antisipasi. Kita tingkatkan patroli. Kita sambangi tempat-tempat yang berhubungan dengan keberadaan KNPB itu sendiri seperti Jalan Sosial, SP`13, Gorong-Gorong Kebun Sirih,” kata Kabag Ops.

Adapun dalam patroli gabungan itu melibatkan 150 personel Polres Mimika dan Brimob Detasemen B, Satgas Aman Nusa Brimob BKO Polda Gorontalo dan Kalimantan Barat (Kalbar) serta 2 pleton TNI. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment