Potensi Laut Mimika Menjanjikan, Investor Asal Jepang Dan China Mulai Merapat

Bagikan Bagikan
Leentje A.A Siwabessy. (Foto: SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Potensi kekayaan laut Mimika menjanjikan, maka saat ini telah ada investor asal Jepang dan China yang merapat untuk berinvestasi.

Kepala Dinas Perikanan Mimika, Leentje A.A Siwabessy mengatakan, sebagai langka awal, dua investor lintas negara itu telah melakukan pertemuan bersama Pemkab Mimika yang diwakili Dinas Perikanan. Selain itu, keduanya juga telah melakukan survei lahan di wilayah PPI Poumako. 

 “Selain dari Jepang dan China juga ada dari Semarang dan Jakarta. Para Investor ini, ingin menyewa lahan untuk membangun pabrik es dan coldstore. Itu semua karena mereka sudah survei sendiri terkait luar biasanya sumber daya laut di Mimika,” ungkap Leentje, Selasa (19/11). 

Menurut dia, selain karena potensi laut Mimika menjanjikan, para investor mengetahui bahwa  transportasi udara dan laut ke Mimika sudah memadai. 

Untuk sementara, Pemkab menunggu Perda yang berkaitan penyewaan lahan. Perda ini sudah dibahas oleh DPRD. Karena ke depannya sewa lahan itu akan diatur untuk mengetahui berapa biaya sewa yang dihitung permeter serta jangka waktu penyewaan. Selanjutnya aka nada MoU bersama Pemkab Mimika.

“Yang jelas kita kita selalu terbuka bagi setiap investor. Yang terpenting mereka memenuhi syarat dan juga berkontribusi untuk pembangunan di Mimika.  yang tidak kita inginkan adalah jangan sampai mereka masuk secara illegal saja,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment