Rayakan Hari Ikan Nasional, TK Nabawi III Ajak Anak Gemar Makan Ikan

Bagikan Bagikan
Suasana sosialisasi mengajak anak gemar makan ikan digelar TK Nabawi III dengan Puskesmas Wania. (Foto: SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) - Merayakan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-5 yang diperingati setiap tanggal 21 November, TK Nabawi III Timika bekerjasama dengan Puskesmas Wania mengadakan sosialisasi mengajak anak gemar makan ikan dengan tema ‘Makan Ikan Cegah Stunting’, Kamis (21/11).

Tujuan dari Perayaan Harkannas adalah meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi yang mampu mencegah stunting terhadap anak-anak.

Kepala TK Nabawi III, Susilah mengatakan gerakan gemar makan ikan pada perayaan Harkannas ini merupakan kegiatan yang serentak dilakukan Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) diseluruh Indonesia karena ikan mengandung omega, protein dan vitamin yang tinggi yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan anak-anak.

“Program ini insya Allah akan kita lakukan setap tahun karena kita diimbau untuk melakukan gerakan ini. Karena ikan itu memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan anak-anak, apa lagi sekarang stunting menjadi hal yang sangat disoroti Kemenkes,” katanya.

Ia berharap gerakan ini tidak hanya dilakukan pada saat perayaan Harkannas saja, tetapi bisa dilanjutkan dan terus diterapkan oleh orang tua di rumah, agar pertumbuhan anak bisa semakin baik dan terus berkembang.

Ahli Gizi Puskesmas Wania, Iryani Abubakar mengatakan ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan yang sangat baik untuk mencegah stunting. Sehingga ia sangat berharap guru dan juga orang tua bisa bekerjasama mengedukasi anak-anak untuk rajin makan ikan.

Salah satu ikan yang bagus untuk perkembangan otak dan tinggi badan anak karena sudah terbukti memiliki kandungan protein, omega 3, kalsium, vitamin B dan lemak yang tak jenuh adalah ikan puri karena dapat dikonsumsi langsung dengan kepala dan tulangnya.

“Pada tulang dan kepala ikan itu banyak kandungannya sehingga itu sangat baik untuk mencegah stunting. Dagingnya juga tapi alangkah baiknya jika kita juga makan ikan dengan tulangnya. Ikan puri itu bagus tidak ada zat gizi yang terbuang,” katanya.

Tips memilih ikan yang masih bagus untuk dikonsumsi pun sangat mudah yakni degan melihat mata ikan yang masih bening, memiliki insan yang masih segar dan stektur daging yang tidak pucat. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment