Sampaikan Salam dari Ridwan Kamil, Kadispora Jawa Barat Buka Kegiatan Studi Banding PB PON Sub Mimika di Bandung

Bagikan Bagikan
Pembukaan kegiatan studi banding PB PON XX Sub Mimika di Jawa Barat. (Foto: SAPA/Saldi) 

SAPA (BANDUNG) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat, Engkus Sutisna mewakili Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, membuka secara resmi kegiatan studi banding yang dilakukan PB PON XX Papua Tahun 2020 Sub Mimika di Jawa Barat, Selasa (19/11), bertempat di salah satu hotel di Kota Bandung, Jawa Barat. 

Dalam acara pembukaan itu, PB PON XX Papua Tahun 2020 Sub Mimika yang terdiri dari para pejabat Pemerintah Kabupaten Mimika serta terdapat empat bidang didalamnya, turut menghadiri acara pembukaan studi banding ini yang dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber yang telah disiapkan Pemprov Jawa Barat.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng yang diwakili Asisten III Pemkab Mimika, Nikolaus E. Kuahaty, dalam sambutannya mengatakan, studi banding menjadi hal penting dan perlu dilakukan panitia PON ke penyelenggara yang pernah menyelenggarakan PON dengan sukses, seperti misalnya Jawa Barat. Itu agar hal yang sifatnya teknis maupun operasional dapat dipelajari dan didiskusikan bersama. 

"Sehingga bisa jadi bekal buat kita untuk menyukseskan penyelenggaran PON di Papua tahun 2020, secara khusus di Kabupaten Mimika," kata Nikolaus. 

Kabupaten Mimika mendapat bagian sembilan cabang olahraga (Cabor) dengan 12 disiplin lomba yang akan dipertandingkan saat PON XX. Untuk itu, penting bagi panitia PON Sub Mimika untuk bisa mendapat pencerahan dari penyelenggara PON sebelumnya yang dianggap berhasil. 

"Yang pasti, Papua juga tidak mau hanya sukses didalam penyelenggaraan, tapi juga prestasi. Untuk itu kami berharap dalam beberapa hari kami melaksanakan studi banding ini, akan kita ber-elaborasi apa yang kami miliki atau yang kami tahu, kita berharap Pemprov Jawa Barat melalui apakah Dinas Pemuda dan Olahraga atau lewat KONI, penyelenggara yang pernah melakukan penyelenggaraan PON di Jawa Barat, dapat sharing kepada kami," terangnya. 


Sementara itu Kepala Dispora Pemprov Jawa Barat, Engkus Sutisna mengatakan, dirinya mewakili Gubernur Ridwan Kamil lantaran ada kesibukan lain. Sehingga pada kesempatan itu Engkus Sutisna menyampaikan permohonan maaf dari Ridwan Kamil serta menyampaikan titipan salamnya.

"Beliau (Ridwan Kamil) menyampaikan permohonan maaf dan sekaligus menyampaikan salam untuk semuanya. Kami atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat menghaturkan selamat datang di ibukota Provinsi Jawa Barat, tepatnya di Kota Bandung kepada seluruh rombongan dari Kabupaten Mimika. Dan sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih mendapat kehormatan menerima kunjungan dari PB PON XX Sub Mimika, mudah-mudahan bapak ibu mendapatkan pandangan positif selama melaksanakan studi banding di Provinsi Jawa Barat," kata Sutisna. 

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempersilakan rombongan PB PON Sub Mimika melakukan kunjungan ke venue-venue yang ada, sekaligus mendapatkan informasi dari para narasumber yang sudah disiapkan. Kebetulan, para narasumber yang disiapkan merupakan mereka yang terjun langsung pada masing-masing sektor dalam mengolah penyelenggaraan PON XIX tahun 2016 di Jawa Barat. 

"Dalam kaitannya dengan PON XIX tersebut, venue-venue yang ada tidak terpusat semuanya di Kota Bandung, namun tersebar di beberapa kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat. Sehingga dengan demikian, memiliki kemiripan, manakala sekarang tuan rumah PON ke XX di Papua dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua," tuturnya. (Saldi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment