Warga Penghuni Kos dan Kontrakan di Timika Wajib Lapor di RT Setempat

Bagikan Bagikan
Ilustrasi rumah kos 

SAPA (TIMIKA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengimbau kepada warga masyarakat Mimika yang menghuni rumah kos atau Kontrakan yang sering berpindah pindah wajib untuk melapor kepada RT setempat, baik yang baru tinggal maupun yang akan pindah. 

"Jadi untuk warga yang kos, kita memberikan kebebasan kepada mereka. Artinya kalau mereka mau urus alamat di mana saja itu tidak masalah, hanya saja harus aktif untuk melaporkan kepada RT setempat," kata Kepala Bidang Adminduk Disdukcapil Kabupaten Mimika,  Hilar Limbong Allo kepada awak media, Rabu (20/21) di Kelurahan Pasar Sentral. 

Hilar mengatakan dengan adanya laporan dari setiap penghuni baru tentunya RT setempat juga bisa mengetahui bahwa warganya yang menghuni kos kosan ada yang sudah ke luar atau ada yang baru masuk.

"Penghuni kos dan kontrakan wajib tertib administrasi agar pengurus RT/RW bisa mengetahui siapa saja warga di wilayahnya. Jadi data itu juga untuk RT bisa tau," katanya.

Hilar menambahkan, tertib administrasi juga akan memudahkan para penghuni kos dan kontrakan ketika membutuhkan pelayanan publik.

"Oleh karena itu, kami mengimbau penghuni kos dan kontrakan melapor RT supaya bisa dicatat secara administratif kependudukan," tuturnya.

Senada dengan Kepala Bidang Adminduk Disdukcapil Kabupaten Mimika, Kepala Kelurahan Pasar Sentral, Dominikus Savio Teubun mengatakan permasalahan yang sering terjadi dalam kelurahan adalah mengenai data penduduk yang tidak memiliki kejelasan.

"Kami biasanya sangat susah payah baru bisa peroleh data - data masyarakat, sehingga saya mau menyampaikan warga siapapun yang datang dan pergi wajib hukumnya untuk melapor ke pihak RT maupun RW," tuturnya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment