BPS: Arus Penumpang Angkutan Laut Jayapura-Merauke Menurun

Bagikan Bagikan
Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Papua, Bambang Wahyu Ponco Aji sedang presentasi arus penumpang angkutan laut dari Pelabuhan Jayapura dan Pelabuhan Marauke.(Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua mencatat arus penumpang angkutan laut/penumpang kapal pada Oktober 2019 di pelabuhan Jayapura dan Merauke menurun dari bulan sebelumnya.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Papua, Bambang Wahyu Ponco Aji di Jayapura, Senin, mengemukakan jumlah penumpang angkutan laut yang berangkat pada Oktober 2019 tercatat sebanyak 15.773 orang yaitu 13.266 orang dari pelabuhan Jayapura dan 2.507 orang dari pelabuhan Merauke.

"Terjadi penurunan jumlah penumpang berangkat sebesar 16.03 persen dibanding bulan sebelumnya," ujarnya.

Bambang menyebutkan, jumlah penumpang datang dengan angkutan laut pada Oktober 2019 mengalami penurunan sebesar 12,32 persen. Tercatat sebanyak 9.739 orang penumpang yang datang di Papua yang terdiri dari 7.842 orang datang di pelabuhan Jayapura dan 1.897 orang yang datang di pelabuhan Merauke.

"Ada pola musiman orang berangkat, disini yang kelihatan mulai naik itu di Maret 2019 kemudian di Mei 2019 naik lagi di Juni dan Juli 2019 kemudian turun lagi di Agustus dan naik lagi di September 2019," ujarnya.

Menurut dia, jika kalau mau dilihat kenaikan penumpang berang di Juni pada musim liburan sekolah. Harusnya jika mau dilihat pola naik turunya penumpang di Maret 2019 kemudian ke Mei hingga Juli 2019 kemudian ke September 2019.

Lanjut dia, melihat pola yang naik dua bulanan, diduga orang-orang yang memang jauh dari kampung halamannya bekerja, pulang. Ada juga pola yang musim liburan di Juni 2019 keluar dari Papua.

"Kemudian di Desember 2019 sudah pasti penumpang berangkat tinggi karena liburan, kemudian di Desember ke Januari turun," ujarnya.

Dia menambahkan, penurunan dan kenaikan penumpang berangkat ini tidak terkait faktor keamanan, karena tiap bulan naik, kemudian dua bulan sesudah naik, kembali menurun penumpang di Jayapura dan Merauke.(Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment