Hari Noken Nasional, Pemkab Mimika Ajak Masyarakat Mencintai Budaya Lokal Dengan Menggunakan Noken

Bagikan Bagikan
Mama-Mama Papua Perajut Noken di Timika (Foto: SAPA/Jefri Manehat)
SAPA (TIMIKA) -  Hari Noken Nasional jatuh pada hari ini, Rabu (4/12), Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Mimika mengingatkan kembali masyarakat untuk mencintai budaya lokal.

Ajakan tersebut disampaikan Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob. 

"Dengan  hari Noken, saya mengajak kita semua untuk kembali mencintai budaya lokal dengan menggunakan noken. Saya berharap masyarakat dari mana saja yang ada di Mimika dapat mencintai produksi lokal noken yang ada di Mimika," ungkap Wabup Jhon saat ditemui disalah hotel di Timika, Rabu (4/12).

 Wabup Jhon mengatakan  pemerintah sedang memproses agar kedepan noken juga menjadi sarana belanja untuk bisa mengurangi pemakaian plastik di Mimika.

"Untuk itu saya imbau kepada masyarakat untuk kembali menggunakan noken, bahwa kita mulai mencintai budaya masyarakat lokal dan kita harus kurangi plastik," ujarnya.

Wabup mengatakan, di Mimika pernah dicanangkan wajib ber- noken,  namun tidak berjalan maksimal. Pemerintah terus mencari jalan agar Mimika kembali ber-noken kembali dilaksanakan.

Sementara itu bagi perajut noken, Wabup mengatakan pemerintah tengah mencari jalan terbaik bagi mama- mama Papua sebagai pengrajut noken, untuk bagaimana bisa mencari rezeki namun pada tempat yang layak. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment