Kejari Musnahkan Berbagai Barang Bukti Hasil Kejahatan di Mimika

Bagikan Bagikan
Proses pemusnahan barang bukti di Kantor Kejari Mimika. (Foto: SAPA/Saldi)

SAPA (TIMIKA) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Mimika, Rabu (4/12), memusnahkan berbagai barang bukti dari hasil kejahatan (perkara) yang diputus atau vonis oleh Pengadilan dan telah incract, dalam hal ini barang-barang bukti yang digunakan untuk pembuktian saat proses persidangan para terdakwa di Pengadilan.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Mimika, Joice E. Mariai, SH mengatakan, barang bukti yang ada tersebut diserahkan dari Pengadilan Negeri (PN) Kota Timika untuk selanjutnya dimusnahkan oleh pihak Kejari. 

Rata-rata barang bukti hasil kejahatan, antara lain, alat hisap dan narkotika, miras lokal jenis sopi, senjata tajam, senjata api (pistol), alat atau barang sebagai sarana perjudian togel dan king, telepon seluler, alat timbang digital, serta masih banyak lagi barang bukti hasil kejahatan lainnya yang dimusnahkan.


“Ada satu senpi, tapi kita cuma hanya taruh saja. Untuk pemusnahannya kami akan serahkan ke pihak Brimob untuk bantu kami,” kata Joice.

Sementara untuk barang bukti narkotika yang dimusnahkan adalah, tiga plastik bening sabu dan satu plastik bening ganja, dengan total berat tidak mencapai dua gram, serta miras lokal jenis sopi yang mencapai ratusan liter.

“Karena disisihkan untuk persidangan itu tidak sampai satu gram, palingan nol koma sekian. Jadi kalau di total, itu tidak sampai dua gram,” ujarnya.


Barang bukti yang diterima Kejari dari PN Kota Timika untuk dimusnahkan ini berasal dari perkara tahun-tahun sebelumnya, seperti misalnya terdapat juga barang bukti yang dari tahun 2012 dan 2016 yang dirampas untuk dimusnahkan.

Sementara itu untuk barang bukti berupa kendaraan, kata Joice, rata-rata dikembalikan kepada pemiliknya setelah perkara selesai disidangkan oleh Pengadilan.

“Karena sekarang di Pengadilan sendiri perkara dilimpahkan itu harus disertai barang bukti, jadi rata-rata kalau sudah selesai diputus, orangnya langsung kesana (Lapas), langsung kami serahkan ke Pengadilan. Jadi barang bukti tidak kembali ke kami, tapi langsung kami kembalikan ke pengadilan,” terang Joice.

Kegiatan pemusnahan barang bukti ini dihadiri Kepala Kejari Mimika, Ferry Herlius, SH., MH, Kapores Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, perwakilan Kodim 1710/Mimika, Kepala BNN Kabupaten Mimika, Kompol Mursaling, serta praktisi hukum dan tokoh masyarakat dari organisasi Pallawa. (Saldi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment