Kemendag Pastikan Pasokan Bahan Pokok di Papua Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

Bagikan Bagikan
Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) pada Kemendag Kasan meninjau ketersediaan bahan pokok di Pasar Sentral Hamadi, Kota Jayapura.(Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) hendak memastikan pasokan bahan pokok di Papua aman dan harganya terkendali menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan menggelar rapat koordinasi daerah dan melakukan pemantauan di beberapa titik pasar.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) pada Kemendag Kasan di Jayapura, Selasa, mengatakan pemantauan dilakukan di beberapa titik seperti pasar rakyat yaitu Pasar Sentra Hamadi, ritel modern Hypermart, gudang distributor bahan pokok PT Irian Jaya Sehat serta gudang Perum Bulog.

"Hasil pantauan menunjukkan harga bahan pokok di Provinsi Papua, khususnya Jayapura aman terkendali dan pasokannya cukup untuk menghadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, namun demikian, pemerintah akan terus menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok," katanya.

Menurut Kasan, pada ritel modern, pihaknya memantau kesesuaian harga bahan pokok dengan harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditentukan.

"Sementara, jumlah stok beras di gudang Bulog Kanwil Papua tercatat 27.565 ton, cukup untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru mendatang, bahkan untuk kebutuhan Provinsi Papua selama tiga bulan ke depan," ujarnya.

Dia menjelaskan begitu juga stok bahan pokok dari distributor PT Irian Jaya Sehat mencukupi sampai dengan akhir tahun.

"Menjelang Natal dan Tahun Baru, biasanya terjadi peningkatan permintaan bahan pokok, yang dapat berdampak pada kenaikan harga," katanya.

Dia menambahkan untuk itu, perlu dilakukan langkah antisipasi khususnya di daerah-daerah yang mayoritas penduduknya merayakan Natal serta daerah penyumbang inflasi tinggi, di mana salah satunya, dengan meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan pemerintah daerah.

Sekadar diketahui, berdasarkan hasil pantauan harga di pasar rakyat beras medium dijual dengan harga Rp 11.000-12.000 per kilo gram, beras premium Rp13.000-14.000 per kilo gram, gula pasir Rp14.000 per kilo gram, minyak goreng kemasan premium Rp18.000 per liter, tepung terigu Rp9.000 per kilo gram, daging ayam ras Rp 40.000-44.000 per kilo gram, daging sapi Rp130.000 per kilo gram, telur ayam Rp35.200 per kilo gram, cabe merah keriting Rp40.000 per kilo gram, cabe merah besar Rp40.000 per kilo gram, cabe rawit merah Rp40.000 per kilo gram, bawang merah Rp45.000 per kilo gram, dan bawang putih Rp45.000 per kilo gram. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment