Polisi Tetapkan Sembilan Pelaku Pemotongan Pipa Konsentrat PTFI, Tujuh Masih DPO

Bagikan Bagikan
Kanit III Tipikor Iptu Lexi Mediyanto (Foto: Dok SAPA)

SAPA (TIMIKA) – Polres Mimika telah menetapkan sembilan pelaku pemotongan pipa konsentrat milik PT Freeport Indonesia  (PTFI) di Mile 65 pada Sabtu (9/11) lalu oleh Non karyawan (NK). Dua diantaranya berinisial TS dan AR sementara tujuh lainnya masih dalam daftar pencarian orang (DPO).

Kasat Reskrim Polres Mimika AKP I Gusti Agung Ananta melalui Kanit III Tipikor Polres Mimika Ipda Lexi Mediyanto mengatakan, dua tersangka yang berhasil ditangkap itu bertindak sebagai tukang keruk dan melihat kondisi sekitar.

“TS yang melakukan pengerukkan dan memantau situasi, dan AR selain memantau situasi juga bertugas menangkapkan karung-karung berisi butiran pasir pipa konsentrat yang dipotong,” ujarnya saat ditemui di kantor pelayanan Polres Mimika, Selasa (3/12).

Sementara untuk ketujuh pelaku yang melarikan diri, kata Lexi, pihaknya masih melakukan upaya pengejaran.

“SPDPnya sudah keluar . jadi kita sudah mulai melakukan penyelidikan,” katanya.

Terkait kasus tersebut, sebelumnya Kaporles Mimika AKBP I G. G Era Adhinata mengatakan bahwa pihaknya akan menyelidiki akar penyebab terjadinya pemotongan pipa konsentrat oleh non karyawan (NK) dengan mencoba sebuah sistem terobosan baru.

“Itu kejadian berulang-ulang dan tidak selesai. Kita coba buat sistem untuk menyelidiki itu dan mengadakan pertemuan dengan PT Freeport Indonesia,” ujarnya saat ditemui di bilangan Jalan Cenderawasih, Jumat (15/11) lalu.

Dimana, penyelidikan dilakukan dari hulu hingga hilir sehingga dengan jelas dapat diketahui siapa pelaku utama dibalik pemotongan pipa yang mengalirkan konsentrat di ruas jalan tambang operasional PTFI.

“Kita harus melihat dari hulu hingga hilir apa yang terjadi. Kenapa dia memotong pipa, otomatis untuk mencari emas, nah emasnya dijual kemana? kita juga harus tahu sehingga jelas siapa dan apa yang harus ditangani,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Salam Papua, pemotongan pipa konsentrat milik PTFI  pada Sabtu (9/11) lalu, ditemukan oleh Satgas TNI-Polri yang melakukan patroli zona 4F di area Tembagapura Mile 65 menggunakan kendaraan LV 4427R dan 3261R pada pukul 08.32 WIT.

Saat itu, Satgas yang melakukan patroli menemukan pipa tidak aktif berwarna hijau sudah terpotong sepanjang tiga (3) meter. Dimana, posisi pipa berada di sebelah timur jalan MSR.  (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:


  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Sport165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Sport165 titik co paling best ya guys...


    ReplyDelete