Tahun 2020 Puskesmas Jileale Siap Menjadi BLUD

Bagikan Bagikan
Elena Gwijangge. Am. Keb. (Foto : SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) - Tahun 2020 mendatang Puskesmas Jileale yang beralamat di Kelurahan Karang Senang SP-3 akan resmi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

BLUD adalah Unit Kerja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah daerah di Indonesia yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. 

"Puskesmas berubah status ke BLUD direncanakan tahun 2020 dimana kami sudah dilatih dari pusat yang datang untuk memberikan edukasi mengenai manajemennya, dan 2020 ini kami memang dipersiapkan untuk BLUD dengan Puskesmas Timika Jaya, Timika Kota dan Wania," jelas Elena Gwijangge, Am. Keb selaku Kepala Puskesmas Jileale kepada Salam Papua, Rabu (4/12).

Ia mengatakan yang kini sedang dipersiapkan oleh Puskesmas Jileale adalah manajemen dalam pelayanan perorangan maupun pelayanan dalam masyarakat.

"Dengan adanya BLUD tentunya itu akan lebih membantu puskesmas untuk bisa melihat persoalan yang ada di dalam puskesmas," katanya.

Untuk diketahui tujuan dari BLUD sendiri adalah meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdasakan bangsa. Puskesmas BLUD yang bisa efektif dan efisien dalam pemberian pelayanan kesehatannya.  Akan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan sehingga tidak banyak masyarakat yang akan dirujuk ke rumah sakit. Dengan berhasilnya pemberian pelayanan kesehatan promotif dan preventif. Puskesmas dengan PPK BLUD akan mempunyai standar ukuran untuk pemberian pelayanan kesehatannya, sebagai contoh SPM.

Selain untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan diharapkan juga dapat memberikan pelayanan kesehatan sesuai tugas dan fungsinya. Kelebihan dari penerapan PPK-BLUD diantaranya adalah Pendapatan tidak disetorkan, Belanja bisa sesuai kebutuhan/bisa menggeser anggaran.

Diperbolehkan melakukan utang piutang, Diperbolehkan melakukan investasi, Dana kapitasi diterima langsung oleh Puskesmas, Diperbolehkan merekrut tenaga non PNS, Mempunyai payung hukum tersendiri, Sisa lebih anggaran bisa digunakan untuk tahun selanjutnya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment