Wabup Jayawijaya Minta Dinas Terkait Siapkan Ternak Babi

Bagikan Bagikan
Wabup Jayawijaya Marthin Yogobi saat disambut masyarakat Distrik Wadangku. (Foto-Antara)

SAPA (WAMENA) -  Wakil Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua Marthin Yogobi meminta dinas terkait menyiapkan bibit ternak babi untuk diberikan kepada masyarakat.

Marthin Yogobi saat di Distrik Wadangku, Kabupaten Jayawijaya, Senin, mengatakan babi memiliki nilai budaya yang tinggi bagi masyarakat pegunungan.

"Tahun 2020 kami berharap instansi teknis mengusulkan pengadaan ternak babi, supaya kita bisa distribusikan kepada masyarakat, karena setiap kunjungan masyarakat meminta," katanya.

Mantan Kepala Dinas Sosial Jayawijaya itu mengatakan beternak babi masuk dalam misinya dan Bupati, sebab babi merupakan ternak yang berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat Jayawijaya.

"Selain berkebun menjadi program kerja kami yang sudah mulai kelihatan, masyarakat juga meminta ternak babi dan kami akan dorong agar bisa membantu perekonomian warga," katanya.

Babi yang dalam bahasa lokal Jayawijaya disebut Wam, merupakan harta bernilai tinggi.

"Nilainya cukup mahal untuk kita di pegunungan secara keseluruhan. Wam bisa digunakan untuk menyelesaikan semua persoalan. Masalah apapun kalau masyarakat menyumbang wam, pasti masalah akan reda," katanya.

Wabup memastikan program kerjanya dan bupati untuk mendorong masyarakat bertani, beternak mulai terlihat di distrik-distrik.

"Dahulu masyarakat tidak mau membuka kebun. Tetapi belakangan ini kita lihat banyak yang membuka perkebunan umbi berhektare-hektare," katanya. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment