Wondama Proyeksikan Pendapatan Tahun 2020 Capai Rp1 triliun

Bagikan Bagikan
Wakil ketua II DPRD Kabupaten Teluk Wondama, H Erwin (kanan) menyerahkan dokumen APBD tahun 2020 yang sudah disahkan kepada Sekda, Denny Simbar pada Sidang Paripurna.(Foto-Antara)

SAPA (TELUK WONDAMA) - Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, memproyeksikan realisasi pendapatan pada tahun 2020 di daerah ini mencapai lebih dari Rp1 triliun.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Teluk Wondama, telah menyetujui dan menetapkan APBD tahun 2020 di daerah tersebut. Pengesahan APBD ini dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua H.Arwin di gedung DPRD di Isei, Senin.

Pendapatan daerah pada struktur APBD Teluk Wondama pada tahun depan diproyeksikan sebesar Rp1,029 triliun, terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp34,297 miliar, Dana Perimbangan Rp737,621 miliar dan Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah Rp257,988 miliar.

Sedangkan belanja daerah dialokasikan sebesar Rp1,041 triliun lebih. Belanja tidak langsung dialokasikan sebesar Rp443,371 miliar dan belanja langsung Rp598,113 miliar.

Kenaikan pendapatan dan belanja daerah yang menembus Rp1 triliun untuk pertama kali dalam sejarah Kabupaten Teluk Wondama mendapat apresiasi dari DPRD. Meski demikian melalui pendapat akhir gabungan fraksi, DPRD mengingatkan bupati bersama jajaran agar konsisten menjalankan apa yang sudah diputuskan bersama dalam Perda tentang APBD 2020.

Mengingat pada tahun-tahun anggaran sebelumnya, DPRD menilai kerap kali terjadi perubahan besaran anggaran program/kegiatan dari nilai yang telah disahkan dalam dokumen APBD.

“Untuk itu mohon atensi dan perhatian dari saudara bupati kepada jajarannya agar tidak terjadi inkonsistensi dalam menjalankan apa yang sudah diputuskan bersama,“ demikian pandangan akhir fraksi yang dibacakan Remran Sinadia, anggota DPRD dari Fraksi Adil Makmur.

DPRD juga mengingatkan seluruh jajaran perangkat daerah agar mempergunakan APBD secara efektif dan efisien dengan mengutamakan kepentingan masyarakat daripada kepentingan OPD apalagi kepentingan pribadi atau golongan.

“Apa yang kita putuskan hari ini akan menentukan perjalanan kabupaten ini ke depan jika kita jalankan dengan sungguh-sungguh dan benar," pesan Wakil Ketua H Arwin selaku pimpinan rapat.(Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment