Arus Balik Penumpang Libur Natal Dan Tahun Baru di Pelabuhan Jayapura Meningkat

Bagikan Bagikan
Ilustrasi - penumpang memadati pelabuhan laut Biak,untuk menaiki kapal KM Ciremai akan berangkat tujuan Jayapura. (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Jumlah penumpang pada arus balik libur Natal dan tahun baru 2020 di pelabuhan Jayapura, Papua mengalami peningkatan sekitar 50 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

"Memang benar arus balik Nataru (natal dan tahun baru) mengalami peningkatan seperti yang dialami dua kapal milik PT Pelni yang tiba Jumat (10/1) dan Sabtu (11/1) yakni KM.Ciremai dan KM.Labobar, dimana penumpang yang turun di pelabuhan Jayapura sekitar 1.500 penumpang, " kata Kepala PT.Pelni Jayapura Harianto Sembiring kepada Antara di Jayapura, Rabu.

Dikatakan, kenaikan jumlah penumpang yang berlayar dengan kapal milik PT.Pelni tidak saja terjadi saat libur Nataru tetapi juga sepanjang 2019 lalu yakni mencapai 180.721 penumpang .

Sedangkan di periode yang sama tahun 2018 jumlah penumpang yang diangkut dengan kapal milik Pelni tercatat 141.808 penumpang, tambahnya, dengan daerah tujuan para penumpang terbanyak berada di sekitar wilayah Papua dan Papua Barat seperti Serui, Manokwari dan Sorong.

PT.Pelni saat ini mengoperasikan lima kapal yakni KM Gunung Dempo dengan kapasitas 1.600 penumpang, KM Ciremai 1.000 penumpang, KM.Labobar 3.000 penumpang, KM Sinabung 2.000 penumpang dan KM.Dabonsolo 1.500 penumpang.

Ketika ditanya tentang rencana penambahan armada untuk melayani penumpang di wilayah timur Indonesia, Harianto menyatakan belum ada rencana PT.Pelni menambah armada.

"Lima kapal yang beroperasi masih dirasa cukup namun bila terjadi lonjakan PT.Pelni siap menambah armada," katanya. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a comment