Billy Mambrassar Siap Bina Inkubator Bisnis UTU Meulaboh Aceh Barat

Bagikan Bagikan
Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Gracia Billy Mambrasar saat menerima kedatangan Ketua Inkubator Bisnis Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Said Ahmad Kabiru Rafi'ie di Istana Negara, Jakarta. (Foto-Antara)

SAPA (MEULABOH) - Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Gracia Billy Mambrasar mengatakan akan mendukung dan membina program inkubator bisnis di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

"Inkubator bisnis dan UMKM menjadi penyokong utama perekonomian Indonesia. Pemberdayaan UMKM menjadi salah satu prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin," kata Billy Mambrassar dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Meulaboh, Selasa.

Hal ini ia sampaikan usai menerima kedatangan Dosen Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Said Ahmad di Istana Negara Jakarta, Selasa siang.

Menurut Billy, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), usaha mikro kecil menengah (UMKM) berperan penting dalam menggerakkan roda perekonomian dengan menyerap 89,2 persen.

UMKM menyumbang 60,34 persen dari PDB Nasional, dam UMKM menyumbang 14,17 dari total ekspor.

Oleh karena itu, kata Billy, pemberdayaan UMKM menjadi salah satu prioritas Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Hal ini menjadi target utama dirinya selaku Staf Khusus Presiden Republik Indonwsia untuk mengelorakan semangat berwira usaha bagi millienial di tanah air.

"Kita akan mendorong para milenial memiliki pola pikir untuk menjadi pembisnis sukses, sebagaimana silicon valley di Amerika dibentuk untuk melahirkan entrepreneurs," kata Billy Mambrassar.

Ia juga berharap nantinya inkubator bisnis Universitas Teuku Umar menjadi pilot project sinergis antara universitas, pemerintah pusat/daerah dan sektor swasta dalam menumbuhkan inovasi dan semangat entrepreneurship dilakangan millennial, dan menjadi wadah bagi membantu pelaku UMKM dalam meningkatan kinerja keuangan, pemasaran , operaisonal dan sumber daya manusianya.

Sementara itu, Ketua Incubator Bisnis dan Teknologi (IBT) Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Said Achmad Kabiru Rafiie mengatakan kedatangan dirinya ke Jakarta, untuk menyerahkan surat Rektor Universitas Teuku Umar untuk memohon kesediaan Staf Khusus Presiden Republik Indonesia untuk membina 5.000 mahasiswa Univesitas Teuku Umar yang terlibat dalam mata kuliah entrepreneurship.

Tidak hanya itu, Billy juga diharapkan mampu membina para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya dan kawasan Barat Selatan Provinsi Aceh.

Dalam laporannya kepada staf khusus presiden, Said Ahmad juga turut menyertakan Road Map 2020 yang berisikan kegiatan dan program Incubator business di tahun 2020, katanya. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment