Bupati Mimika: Saya Kecewa Sekali, Banyak Pekerjaan Tidak Selesai, Ada Pimpinan OPD Yang Harus Saya Copot

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat menimpin apel pagi di Kantor Puspem Kabupaten Mimika, Senin (13/1). (Foto: SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng kecewa sekali banyak kegiatan pada tahun 2019 yang dilaksanakan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika tidak tuntas, serta pertanggungjawaban keuangan hanya 83 persen.

"Ada yang harus saya copot, karena banyak pekerjaan tidak selesai. Pekerjaan tahun 2019 lebih kacau dari tahun sebelumnya.  Tahun 2018 lumayan bagus, namun tahun 2019 serapan anggaran parah sekali, " ujar Bupati Omaleng, Senin (13/1/2020)

"Kita kerja keras, sampai harus mengemis di pusat, harus korban  tenaga dan bawa dana besar, tapi penyerapan anggaran dan kegiatan tidak berjalan baik, saya kecewa sekali, " ungkap Bupati Omaleng lagi.

Bupai menyebut dana APBD tahun 2019 sebesar Rp 3,1 Triliun, namun progres pekerjaan dan serapan anggaran hanya 83 persen.

Bupati Omaleng meminta sebagai pimpinan OPD harus gentleman, dan mampu menunjukkan sikap sebagai seorang gentleman, jika tidak mampu lebih baik undurkan diri, sebelum pimpinan (Bupati) memberhentikan.

"Lebih baik mengundurkan diri sekarang, atau nanti saya yang akan berhentikan, karena kita tidak ingin pertahankan pimpinan OPD yang tidak mampu bekerja," tegasnya.

Penyerapan anggaran dan pekerjaan tidak tuntas, Bupati sebut Pimpinan tersebut tidak mampu untuk bekerja,  dan membangun tim yang solid bersama bawahannya.

Bupati menilai tidak berjalan kegiatan atau pekerjaan tersebut, karena pimpinan OPD tidak mampu kerjasama dengan bawahannya.

"Bagaimana pekerjaan mau jalan, dan selesai kalau pimpinan dan bawahan tidak kerja sama, dan tidak ada koordinasi baik antara pimpinan dan pegawainya, " ujarnya

Bupati Omaleng pun mengatakan, bahwa dirinya tidak akan melakukan rolling, namun  dirinya akan menggantikan pimpinan yang tidak becus

"Saya tidak akan  rolling tapi saya akan copot jabatan satu persatu pimpinan OPD yang tidak mampu bekerja. Saya sangat kecewa, saya setengah mati mengemis tapi kalian tidak bisa kerja dengan baik. Saya kecewa dana yang begitu besar harus disilvakan, " tuturnya. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment