Dinsos Mimika Diminta Perhatikan Orang Dengan Gangguan Jiwa

Bagikan Bagikan
Ilustrasi  Orang dengan gangguan jiwa

SAPA (TIMIKA) -  Dinsos Mimika diminta agar memperhatikan orang dengan gangguan jiwa yang selama ini berkeliaran di Mimika.

Wakil Ketua Sementara DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme mengaku, sangat prihatin akan keberadaan orang dengan gangguan jiwa. Dengan demikian, tahun 2020 Dinsos harus menyediakan anggaran untuk menangani persoalan tersebut dengan cara membangun penampungan khusus untuk rehabilitasi orang dengan gangguan jiwa.

“Anggaran di Dinsos itu besar. Jadi coba untuk sediakan semacam tempat rehabilitasi khusus orang dengan gangguan jiwa,” ungkap Aleks di Kantor DPRD, Senin (13/1/2020). 

Menurut dia, DPRD Mimika akan berupaya untuk mendorong anggaran khusus persoalan ini, sehingga bisa menundukung upaya pemerintah dalam penataan kota. Sebab, keberadaan orang dengan gangguan jiwa juga yang berkeliaran juga bisa menimbulkan penilain khusus atas keseriusan Pemkab Mimika dalam menata kota. Apalagi, Mimika akan menjadi tuang rumah pelaksanaan PON ke XX dan Pesparawi.

“Di Timika saat ini sangat banyak sekali yang depresi, stress karena persoalan ekonomi, pekerjaan dan hal lainnya. Itu sangat sedih,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, mengingat saat ini telah dilantik Plt Dinas Kesehatan (Dinkes) yang baru, maka diharapkan bisa merubah sistem manajemen dan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan di RSUD Mimika. 

Direktur RSUD yang baru juga diharapkan bisa mengarahkan  masyarakat tentang BPJS kesehatan, sehingga masyarakat tidak keliru.

“Masyarakat banyak mengeluh soal pelayanan kesehatan. Mudah-mudahan dengan adanya Direktur baru di RSUD bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat kita,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar