Kadistrik Miru Minta OPD Terkait Legowo Berikan Kewenangan Distrik Membuat Kegiatan Skala Kecil

Bagikan Bagikan
Kepala Distrik Miru, Ananias Faot. (SAPA/Kristin) 

SAPA (TIMIKA) - Kepala Distrik Mimika Baru, Ananias Faot meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bisa memberikan kewenangan kepada Distrik untuk membuat kegiatan yang bersifat skala kecil.

Hal ini dijelaskan oleh Ananias bahwa hingga kini pihaknya tidak mempunyai program apa - apa artinya selama ini Distrik hanya melakukan kegiatan rutin.

"Program banyak yang kami usulkan tetapi semua jatuh pada instansi teknis. Misalnya sarana dan prasarana semua dilakukan melalui organisasi perangkat daerah teknis," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/1/2020).

Ananias juga mengatakan hingga hari ini pihaknya tidak menjalankan program fisik. Yang
dilakukan adalah melakukan kegiatan rutin dan juga kegiatan wajib seperti musrenbang.

"Sebenarnya didalam pendelegasian kewenangan mestinya ada kegiatan yang sifatnya skala kecil itu dilimpahkan juga sampai ke tingkat kelurahan tetapi hingga hari ini belum ada kejelasan. Walaupun pendelegasian itu secara aturan sudah ada, hanya saja  prakteknya belum dilakukan secara optimal oleh OPD terkait," ujarnya.

Ananias mengatakan sebenarnya yang diharapkan ada keterbukaan dan Bupati harus memfasilitasi pihak Distrik dengan OPD terkait dalam hal kegiatan - kegiatan sifatnya skala kecil limpahkan saja ke distrik.

"Dan saya pikir itu hal yang wajar dan harus dilakukan karena sesuai dengan aturan. harusnya dalam pendelegasian kewenangan, OPD terkait harusnya legowo untuk mendelegasikan ke distrik dan juga dengan anggaran yang ada di OPDnya dilimpahkan ke distrik, sehingga itu bisa berjalan," tegasnya.

"Jadi kami hanya menonton permainan dari OPD terkait, kami harap sistem ini bisa dirubah," tururnya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment