Manfaatkam Dana Desa, Kampung Nayaro Membuat BUMDES Berupa Toko

Bagikan Bagikan
Ananias Faot

SAPA (TIMIKA) - Memanfaatkan Dana Desa (DD), Pemerintah Kampung Nayaro, Distrik Mimika Baru membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) berupa toko yang menjual bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal ini disampaikan Kepala Distrik Mimika Baru, Ananias Faot saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/1/2020).

Ananias menjelaskan Distrik Mimika Baru memiliki tiga kampung yaknu Ninabua, Hangaitji dan Nayaro.

Dimana hingga saat ini,  semua DD tahap dua sudah dicairkan sementara tahap tiga ada beberapa kampung yang belum dicairkan karena masih menyelesaikan kegiatan di tahap kedua.

Untuk Kampung Nayaro, ada kegiatan fisik di tahun 2019 yakni pemagaran balai kampung, kemudian pembangunan gedung untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Kemudian ada toko kampung, toko yang dibuat modelnya ruko dua pintu ukuran 6 x 12 meter dan menggunakan dana sebesar kurang lebih Rp. 400 juta. Ini inisiatif pihak distrik dan pihak kampung supaya membantu kebutuhan masyarakat Nayaro," kata Ananias.

Ananias mengatakan di Nayaro jumlah masyarakat sedikit.  Karena mau memperoleh kebutuhan pokok, akhirnya masyarakat lebih banyak di kota.

"Sehingga kami mencoba menciptakan hal yang baik, dan nanti akan diisi oleh koperasi yang akan bekerjasama dengan pihak PTFI, atau dengan koperasi terkait untuk memfasilitasi pengadaan barang di dalam," jelasnya.

Ia mengatakan pihak distrik dan kampung juga ingin agar manajemennya dibangun oleh BUMDES.

"Tahun ini kita mencoba melakukan diklat untuk orang - orang yang dipercaya mengelola itu, dan kami akan berikan kepercayaan kepada mereka yang memiliki lisensi untuk memberikan pelatihan kepada pengelola BUMDES tersebut," ujarnya.

Dengan adanya BUMDES, dirinya yakin  jika ada barang-barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, maka masyarakat tidak perlu jauh - jauh lagi ke kota.

"Saat ini sudah sekitar 90 persen pengerjaannya dan tinggal finishing, dan sisanya akan dilanjutkan di tahap ke tiga," tuturnya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment