Perjuangkan Hak, LMA Tsingwarop Juga Akan Mengangkat Harga Diri Masyarakat Kecil

Bagikan Bagikan
Pengurus LMA Tsingwarop (dari kanan ke kiri) Ketua LMA Tsingwarop, Jaya Abogau, Wakil Ketua, Sopian Kum, Sekretaris, Julius Janampa, Bendahara, Luther Bukaleng, Bidang Hubungan Adat, Arnold Beanal dan Hubungan Kemitraan, Perion Janampa. (Foto: SAPA/Saldi) 

SAPA (TIMIKA) - Melalui perjuangan panjang Forum Pemilik Hak Sulung (FPHS) kampung Tsinga, Waa/Banti dan Aroanop (Tsingwarop), Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Tsingwarop akhirnya terbentuk dan mulai menjalankan tugasnya mulai hari ini, Kamis (16/1/2020). 

Jaya Abogau yang terpilih sebagai Ketua LMA Tsingwarop melalui pemungutan suara yang diikuti sebanyak 417 warga baik dari Tsinga, Waa/Banti dan juga Aroanop, mengatakan bahwa LMA Tsingwarop akan berjalan dan mendampingi FPHS Tsingwarop dalam memperjuangkan hak masyarakat dan menyelesaikan masalah yang selama ini terjadi pada tiga desa/kampung di Tembagapura. 

"Jadi, dengan terbentuknya lembaga ini, memperkuat hak-hak masyarakat kecil yang tertinggal di kampung-kampung yang tidak pernah dilihat oleh pemerintah, termasuk perusahaan," kata Ketua LMA Tsingwarop, Jaya Abogau yang disampaikan dalam bahasa Amungme dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Pengurus LMA Tsingwarop Bidang Hubungan Kemitraan, Perion Janampa, Kamis (16/1/2020), di Honai LMA Tsingwarop, Jalan C. Heatubun. 

"Jadi sekarang dengan lembaga ini betul-betul mengangkat harga diri masyarakat kecil yang tersembunyi, yang tidak pernah dijangkau oleh pihak dari mana pun, termasuk negara besar ini," katanya lagi. 

Oleh karena itu, LMA Tsingwarop akan memperkuat FPHS Tsingwarop untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan hak masyarakat Tsinga, Waa/Banti dan Aroanop yang selama ini menurut mereka diabaikan bahkan dipermainkan.

"Tidak bisa sembarang masuk ambil gunung, ambil tanah, ambil air. Mulai dari sekarang lembaga ini akan menghadapi. Lembaga yang dibentuk akan masuk mengambil bagian melanjutkan perjalanan perjuangan FPHS menuju titik terang" ujarnya. 

"Yang paling pertama lembaga ini perjuangkan adalah, mengangkat harga diri masyarakat kecil yang tersembunyi, yang tidak pernah diungkapkan oleh pihak manapun, dari tiga kampung, Waa/Banti, Tsinga, Aroanop," ujarnya lagi. 

Sebelumnya, pemilihan Ketua dan Wakil LMA Tsingwarop dilakukan sekaligus di tiga desa/kampung Tsinga, Waa/Banti dan Aroanop, Distrik Tembagapura. Hasilnya, Ketua LMA Tsingwarop dijabat oleh Jaya Abogau, Wakil Ketua, Sopian Kum, Sekretaris, Julius Janampa, Bendahara, Luther Bukaleng, Bidang Hubungan Adat, Arnold Beanal dan Hubungan Kemitraan, Perion Janampa. 

Sementara itu ditempat yang sama Sekretaris 1 FPHS Tsingwarop, Yohan Zonggonau, mengatakan bahwa posisi LMA Tsingwarop berada dibawah Lemasa baik yang dipimpin Karolus Tsunme maupun Odizeus Beanal.

"Lembaga ini skopnya pemekaran dari lembaga induk. Jadi Lembaga induk itu adalah Lemasa, dan Lemasa memberi rekomendasi untuk membentuk lembaga adat Amungme Tsingwarop, Tsinga, Waa/Banti dan Aroanop. Jadi itu turunan, kita tetap berpayung kepada lembaga adat 11 wilayah adat (Lemasa)," terang Yohan. (Saldi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

3 komentar:

  1. Ingin mendapatkan penghasilan tambahan yuks bergabung bersama kami dupa88.net memberikan bosnus cashback 100% untuk Kekalahan Modal Pertama, Selain itu hanya bermodal 25K bisa bermain di semua game dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah.

    ReplyDelete
  2. Selamat siang untuk semua, nama saya Steven Nesty Binti, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua pencari pinjaman akan berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp10,7 juta, untuk seorang pria di Afrika.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny. Tieka Melawati (tiemelaw@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Deborah, Manajer AVANT Loan Firm, jadi teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Nyonya Deborah. Jadi saya menghubungi Ny. Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +6281334785906

    Saya mengajukan pinjaman sebesar IDR 380 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan IDR380 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa saya dan dia telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Ny. Deborah untuk memberikan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) atau melalui WhatsApp: +6281334785906 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nestybintisteven@gmail.com) Salam

    ReplyDelete
  3. Hanya diDupa88,net website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dan terpercaya!!
    Daftarkan dirimu segera dan langsung bermain  dan dapatkan macam bonus promo.
    Ingin membuktikannya ??? Langsung gabung bersama kami, di https://bit.ly/2seQ1PE

    ReplyDelete