Polda Papua Tangkap Perempuan Pemilik 147 Paket Sabu di Timika

Bagikan Bagikan
Barang bukti narkotika jenis sabu yang berhasil diamankan petugas. (Foto: Humas Polda Papua)

SAPA (TIMIKA) - Anggota Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Papua mengamankan seorang perempuan atas nama Halwiah (37) yang diduga pemilik paket kiriman berisi 147 paket narkotika jenis sabu pada Selasa (14/1/2020), sekitar pukul 14.15 WIT bertempat di Jalan Budi Utomo Timika. 

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam rilisnya menyampaikan, sebelumnya pada Minggu (12/1/2020) sekira pukul 12.00 WIT, anggota Opsnal Sub 3 Ditresnarkoba Polda Papua melakukan penyelidikan (control delivery) di salah satu gudang pengiriman barang dan jasa daerah Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Sekitar pukul 13.00 WIT, anggota Opsnal mendapatkan satu buah dus karton berwarna putih yang dilakban warna coklat. Selanjutnya anggota Opsnal melakukan pemeriksaan dan membuka dus karton yang dicurigai tersebut.

Setelah dibuka, ternyata berisikan bad cover warna biru merah bercorak klub sepak bola Barcelona yang didalamnya berisi plastik bening ukuran sedang yang dilakban warna coklat. Saat dibuka, didapat sebanyak 147 (paket) plastik bening kecil yang diduga berisikan narkotika jenis sabu.

Kemudian, pada Senin (13/1/2020) sekitar pukul 09.30 WIT, anggota Opsnal Subdit 3 Ditresnarkoba berangkat dari Jayapura menuju Kabupaten Mimika. Setiba pukul 10.30 WIT, anggota langsung menuju ke kantor pengiriman barang dan jasa yang berada di Jalan Budi Utomo untuk melakukan penyelidikan (control delivery), namun belum mendapatkan hasil.

Selanjutnya pada Selasa (14/1/2020), sekitar pukul 08.00 WIT, anggota Opsnal kembali melakukan penyelidikan di kantor pengiriman barang dan jasa di area Jalan Budi Utomo. Sekitar pukul 14.15 WIT, anggota Opsnal mengamankan seorang perempuan yang diduga pemilik paket berupa dus karton yang berisikan narkotika jenis sabu. 

"Selanjutnya anggota melakukan pemeriksaan awal terhadap pelaku dan membuka dus karton tersebut dengan di saksikan pelaku serta saksi dari masyarakat," kata Kombes Kamal dalam rilis yang diterima Salam Papua, Rabu. 

Pelaku yang diduga pemilik barang bukti 147 paket sabu. (Foto: Humas Polda Papua) 

Dari hasil dari pemeriksaan paket dus karton tersebut, terdapat satu buah bad cover yang didalamnya berisikan satu buah plastik ukuran sedang yang berisikan 147 paket plastik bening kecil diduga berisi narkotika jenis sabu.

"Tindakan kepolisian yang dilakukan yakni menerima laporan, mendatangi TKP, mengamankan pelaku dan barang bukti, melakukan penyelidikan dan penyidikan. Kasus tersebut telah ditangani Ditresnarkoba Polda Papua. Saat ini pelaku telah dibawa ke Kantor Ditresnarkoba Polda Papua di Jayapura," terang Kamal. 

Atas perbuatannya pelaku dijerat Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 12 tahun, dan denda paling sedikit Rp800 juta rupiah dan paling banyak Rp8 miliar. (Saldi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar