Polisi Amankan Lagi Tiga Tersangka Kasus Pencurian Kekerasan di Timika

Bagikan Bagikan
Polres Mimika kembali teyapkan tersangka kasus jambret dan curas di Mimika. (Foto: SAPA/Saldi)

SAPA (TIMIKA) - Polres Mimika kembali menggelar konferensi pers untuk melaporkan hasil pengembangan kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) atau yang biasa juga disebut begal, yang belakangan marak terjadi di Kabupaten Mimika. Dari hasil pengembangan penyidik, dua tersangka berhasil diamankan sedangkan satu diantaranya diserahkan oleh tokoh masyarakat. 

Dalam konferensi pers yang berlangsung di Kantor Pusat Pelayanan Polres Mimika, Rabu (29/1/2020) sore, dipimpin langsung Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata yang didampingi Kabag Ops AKP Andyka Aer dan Kasat Reskrim AKP Muhammad B.Y Hanafiah serta dihadiri Ketua Lemasko, Gergorius Okoare yang turut didampingi wakilnya, Marianus Maknaipeku. 

Kapolres pada kesempatan itu menyampaikan kalau pihaknya menambah lagi tiga tersangka, masing-masing dari mereka adalah yang terlibat dalam kasus curas baik yang terjadi di depan perumahan Pemda-SP 2, depan Uno Mart serta di samping rumah makan Padang Saiyo. 

Tiga pelaku yang kini telah berstatus tersangka tersebut yakni FPK alias Papua, merupakan salah satu pelaku kasus curas yang terjadi didepan perumahan Pemda-SP2. Yang bersangkutan diserahkan ke Polres Mimika oleh tokoh masyarakat Kamoro, saudara Marianus Maknaipeku. Berdasarkan hasil interogasi oleh penyidik, yang bersangkutan mengaku telah melakukan kasus yang sama sebanyak tujuh kali sejak tahun 2016.

"Yang bersangkutan sudah mengakui tujuh kali, nanti kita cek laporan polisinya. Dari tujuh itu, salah satunya yang baru saja terjadi kemarin di wilayah SP 2," ungkap Kapolres. 

Sedangkan tersangka berinisial SML alias Mario. Mario merupakan pelaku kasus jambret yang terjadi didepan Uno Mart. Dalam kasus itu Mario bertindak sebagai orang yang mengawasi situasi dan sempat menghalangi seorang pria (diketahui pasangan korban) saat hendak mengejar pelaku utama usai merampas tas korban. Sementara dua rekannya RR selaku eksekutor perampas tas dan DR yang mengendarai sepeda motor, hingga kini masih dalam pengejaran dan masuk daftar pencarian orang (DPO) Polres Mimika. 

Selanjutnya, satu pelaku lainnya yakni VP, merupakan tersangka kasus curas di samping rumah makan Padang Saiyo. Dalam aksi itu, Mario yang terlibat kasus jambret di depan Uno Mart, juga turut serta dalam kasus curas yang di samping Padang Saiyo bersama dengan VP. 

Dari kasus curas di samping Padang Saiyo dengan barang bukti laptop, kini bertambah lagi barang bukti lainnya dari tangan VP berupa flashdisk. 

"Jadi, dari kasus yang ada kita sudah mengamankan pelakunya lima, dan dua penadahnya. Masih ada berapa kelompok lagi, akan mengembang. Jadi yang satu kelompok sudah positif, sekarang dua kelompok yang kita amankan. Jadi ada yang jambret, ada yang begal dan lain-lain," katanya. 

Kapolres juga mengatakan, dari hasil pengembangan kasus-kasus yang ada dan marak terjadi belakangan ini, tidak dipungkiri bahwa peran serta masyarakat dalam membantu Kepolisian sangat dibutuhkan untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

"Dari pengembangan ini terbukti bahwa bantuan masyarakat sangat dibutuhkan," katanya. (Saldi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

4 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys...

    ReplyDelete
  2. Saya Anita dari Malaysia tetapi saya tinggal di Indonesia, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ny. Deborah Avant yang kebetulan adalah Allah mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada Allah untuk memberkati dia hari ini. Tolong izinkan kami mengambil pinjaman dari sesama orang Indonesia.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nesty Binti Steven dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke Mrs. Deborah Avant.
    Email: (avantloanson@gmail.com)
    WhatsApp: +6281334785906

    Saya memutuskan untuk menghubungi Steven Nesty Binti untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari Nyonya Deborah, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria, katanya sangat mudah dari Ny. DEBORAH, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir dan mengirimkannya kepadanya, mengirimnya scan identitas saya. kartu, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya, bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab itu semua yang telah dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs. Deborah Avant dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui, tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. DEBORAH AVANT dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini sebagai kejutan terbesar saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp400.000.000,00. Jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. DEBORAH AVANT via
    email: (avantloanson@gmail.com) atau
    WhatsApp: +6281334785906
    untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (lansamanita@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. Nama saya Asep Darjat. Pesan ini ditujukan untuk semua warga negara Indonesia. Biarkan mengambil pinjaman dari sesama orang Indonesia.
    Saya benar-benar akan berterima kasih kepada Allah atas kebaikan yang Anda lakukan dengan membantu saya dan hari ini saya mendapatkan pinjaman saya sebesar RM75.000,00 untuk menyelesaikan masalah saya.
    Saya menerima telepon di ponsel saya pagi ini dari Bank CIMB yang menyatakan bahwa saya berhasil mendapatkan pinjaman di akun saya.
    Saya berterima kasih kepada nyonya Debora karena saya tetap mempercayai Anda dan atas karunia Allah, saya telah menerima pinjaman saya dengan sukses.
    Terima kasih banyak.
    Saya juga akan memberi tahu Anda teman-teman dan orang-orang terkasih yang membutuhkan pinjaman. Terima kasih banyak Nyonya Deborah, saya berdoa semoga Allah menyertai Anda.
    Hubungi Ibu Deborah melalui
    email: avantloanson@gmail.com
    WhatsApp: +6281334785906

    ReplyDelete
  4. Nama saya Steven Nesty Binti. Pesan ini ditujukan untuk semua warga negara Indonesia / Malaysia. Biarkan mengambil pinjaman dari sesama orang Indonesia. Saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua pencari pinjaman akan berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp 10,7 juta, untuk seorang pria di Afrika.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny. Tieka Melawati (tiemelaw@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Deborah, Manajer Kantor Pinjaman AVANT, jadi teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Bu Debora. Jadi saya menghubungi Ibu Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +6281334785906

    Saya mengajukan pinjaman sebesar IDR 380 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan IDR380 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa saya dan dia telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Mrs. Deborah untuk memberikan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) atau melalui WhatsApp: +6281334785906 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nestybintisteven@gmail.com) Salam

    ReplyDelete