Serahkan DPA Tahun 2020, Bupati Mimika Desak OPD Segera Jalankan Kegiatan

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika menyerahkan DPA Secara Sombolis Kepada Bagian Umum . (Foto: SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) -
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng pada Senin (13/1/2020) di Pendopo Rumah Negara Jalan Poros Kuala Kencana SP3, didampingi Pj Sekda Mimika, Marthen Malisa, menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2020. 

DPA tahun 2020 langsung diserahkan  Bupati Omaleng ysecara simbolis kepada perwakilan OPD, Distrik dan Badan selaku pengelola anggaran di lingkup Pemerintah Kabupaten Mimika.

Seusai menyerahkan DPA secara simbolis kepada OPD, Bupati Omaleng dalam sambutannya menegaskan agar OPD segera menjalankan kegiatan, sehingga semua pekerjaan selesai tepat waktu dan serapan anggaran betul terserap baik dan tidak ada anggaran yang harus dikembalikan kepada khas daerah. 

Serapan anggaran tahun 2019, hanya 83 persen, jika dibandingkan dengan tahun 2018, serapan anggaran mencapai 91 persen. Mengacu pada hal tersebut Bupati Omaleng menegaskan agar OPD segera melakukan proses tender,  kontrak agar pekerjaan dimulai lebih awal dan tidak harus berbelit- belit lagi yang akan membuat banyak pekerjaan tertunda. 

“Anggaran yang telah diserahkan, itu tidak boleh dikembalikan, dan kalau dikembalikan itu artinya pimpinan OPD tersebut tidak betul dan tidak mampu untuk bekerja,” ujarnya

Bupati juga menegaskan, jika pimpinan OPD merasa tidak mampu untuk bekerja alangkah bagusnya segera mengundurkan diri dari jabatannya. 

Namun ia tetap meminta agar OPD yang belum mempertanggung jawabkan TU dan PU, untuk segera mempertanggungjawabkan, karena jika OPD yang belum mempertanggungjawabkan TU dan PU maka anggaran tidak akan diberikan. Anggaran akan diberikan setelah adanya pertanggung jawaban TU dan PU tahun 2019.

DPA kata Omaleng merupakan implementasi kelanjutan dari penyusunan rencana strategis (renstra) OPD yang disusun untuk 5 tahun dan dilaksanakan setiap tahunnya dalam bentuk rencana kerja (renja) OPD yang akhirnya menjadi APBD setiap tahunnya. 

Terhadap anggaran tahun 2020 Bupati Mimika menegaskan kepada pimpinan OPD agar memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Wajib melaksanakan kegiatan-kegiatan yang termuat dalam DPA-OPD dengan penuh rasa tanggung jawab, dikelola dengan meyakini dan menerapkan secara efektif dan efisien, prinsip-prinsip yang benar dalam mengelola anggaran daerah.

2. Harus mentaati dengan sungguh-sungguh mekanisme dan prosedur yang berlaku dalam proses pelelangan agar dilakukan secara transparan sesuai petunjuk Pepres nomor 54 tahun 2010 tentang pedoman pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan pepres nomor 17 tahun 2019 dan peraturan perundang- undangan lainnya.

3. Segera menunjuk pejabat pengelola keuangan (PPK-OPD) kuasa pengguna anggaran (KPA-OPD), pejabat pelaksana teknis bendahara penerimaan, kegiatan (PPTK-OPD). Bendahara pengeluaran dan pengelola dan penyimpan barang daerah hal ini segera ditempuh agar tata usaha keuangan daerah pada masing-masing OPD dapat mulai difungsikan sesuai amanat peraturan yang berlaku.

4.Tetap melakukan evaluasi dan pengawasan selama kegiatan kesesuaian administrasi berlangsung sehingga terwujud dengan sasaran kegiatan yang ingin dicapai.

5. Mempertanggungjawabkan secara berkala dan teratur, semua dana yang menjadi tanggung jawab saudara dalam rangka yang efektif, efisien, menciptakan pengelolaan keuangan komponen seluruh kepada akuntabel transparan, dan masyarakat Mimika. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys...

    BalasHapus
  2. Ingin mendapatkan penghasilan tambahan yuks bergabung bersama kami dupa88.net memberikan bosnus cashback 100% untuk Kekalahan Modal Pertama, Selain itu hanya bermodal 25K bisa bermain di semua game dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah.

    BalasHapus