Ulang Tahun Perbendaharaan ke 16, Satker Diajak Mengintegrasikan Teknologi Bernama 'Sakti'

Bagikan Bagikan
Kepala KPPN Timika, Anggraini Latupeirissa. (SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) - Hari ini, Selasa (14/1/2020) adalah hari ulang tahun Perbendaharaan Nasional yang ke 16 .

Dimana tema besar dalam Hari Ulang Tahun Perbendaharaan adalah "Mengawal APBN Indonesia Maju".

Dalam ulang tahun perbendaharaan, selalu ada inivasi terbaru yang dibuat oleh Dirjen Perbendaharaan, yang tentunya untuk mempermudah pekerjaan satuan kerja Kantor Pembendaharaan.

Salah satu inovasi yang dijual di tahun 2020 ini adalah SAKTI. SAKTI adalah singkatan dari Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi.

Kepala KPPN Timika, Anggraini Latupeirissa menjelaskan SAKTI merupakan aplikasi yang mengintegrasikan seluruh aplikasi yang digunakan satker yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggung jawaban anggaran yang menerapkan konsep single database dan dilakukan secata sistem elektronik.

" Sebelumnya satuan kerja menggunakan berbagai macam aplikasi untuk mendukung kegiatan pengelolaan APBN seperti SAS, RKA KL, PINPPSPM, SAIBA, SIMAK BMN dan Persediaan, dengan adanya SAKTI semua aplikasi ini akan tergantikan," jelas Anggraini Latupeirissa saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/1/2020).

Ia mengatakan berbagai modul yang ada di SAKTI meliputi modul penganggaran, modul komitmen, modul pembayaran, modul bendahara, modul persediaan, modul aset tetap, modul pelaporan, modul piutang, dan modul administrator.

"SAKTI terdiri dari versi Web dan versi dekstop. Hingga saat ini, untuk wilayah pembayaran KPPN Timika terdapat tiga satker yang telah menggunakan SAKTI Dekstop yaitu KPPN Timika, KPP Pratama Timika, dan KPP BC Amamapare," ujarnya.

Kemudian untuk tahun 2020 seluruh satker yang belum menggunakan SAKTI akan menggunakan SAKTI Web.

"Dengan berbasis dan penggunaan Website sebagai basis pengerjaan datanya. SAKTI berbasis Web terbatas untuk Modul Admin dan modul penganggaran untuk pengelolaan user dan proses pengajuan revisi DIPA 2020," tuturnya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment