Elminus Mom Tegaskan YPMAK Bukan Departemen, Karyawan Yang Diterima Harus Dibawah 100

Bagikan Bagikan
Elminus Mom

SAPA (TIMIKA) - Mantan Ketua BM Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) yang kini berubah menjadi Yayasan, Elminus B Mom yang juga sebagai anggota DPRD Mimika saat ini menegaskan YPMAK bukan merupakan satu departemen yang seperti di PT.Freeport sehingga karyawan yang diterima harus cukup dibawah 100 orang.

"YPMAK bukan Departemen, bukan personalia ada pemerintahan, kalau mau ribuan orang mendaftar, harusnya di PTFI, saya tegaskan penerimaan cukup dibawah 100," kata Elminus via telepon kepada Salam Papua, Sabtu (15/2/2020).

Menurutnya kalaupun penerimaan kuota yang banyak hanya menghabiskan dana untuk karyawan saja, dan untuk memberdayakan masyarakat malah kurang.

Sementara kalau di bawah 100 karyawan tentu akan langsung terjun ke lapangan dan menyentuh masyarakat.

"Ini YPMAK yang sekarang bukan kaya LPMAK dulu, sekarang harus benar - benar menyentuh ke masyarakat, bukan hanya habiskan uang di kantor saja, mereka mau kerja apa kalau penerimaan banyak - banyak. Jangan sampai ratusan orang duduk di YPMAK tapi tidak ada yang kerja ," tuturnya.

Penerimaan pun kata Elminus harus dibatasi dan cukup memberikan kesempatan bagi intelektual Amungme dan Kamoro serta lima suku kerabat lainnya maupun pendatang, namun yang lahir dan besar di Timika.

"Jangan semua pendatang mau monopoli, di pemerintahan banyak pendatang, di PT. Freeport banyak pendatang, sekarang di yayasan juga banyak pendatang, apa yang mau diuntungkan?, orang asli Mimika tidak pernah daftar di Yayasan orang lain," katanya.

Elminus mengatakan sebelumnya di LPMAK ada tujuh biro, ia berharap nantinya yang akan menangani biro - biro tersebut di YPMAK jangan merekrut karyawan yang sudah lama.

"Biro itu bukan warisan, harus ada perubahan untuk menyentuh ke masyarakat. Jangan satu biro hanya satu marga saja yang duduk tapi tidak membawa perubahan  apa-apa. Orang lain dengan marga lain juga bisa. Ini yayasan harus memberdayakan masyarakat dari kampung - kampung dan harus murni berpihak ke masyarakat dan menguntungkan masyarakat," tuturnya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Bonus Spesial bermain game online QQHarian kekalahan modal perdana diganti utuh. Minimal deposit hanya 20K sudah bisa bermain lebih dari 20 jenis permainan. Raih keserun dan kemenangan hingga jutaan rupiah bersama kami qqharian.club

    BalasHapus