Kompor Meledak Akibatkan 12 Ruko di Yahukimo Ludes Terbakar

Bagikan Bagikan
12 Kios yang terbakar di Kompleks Ruko Blok B di Yahukimo (Foto: Satreskrim Polres Yahukimo)

SAPA (TIMIKA) – Sebanyak 12 Rumah toko (Ruko) di komplek Ruko Blok B Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Kamis (27/2/2020) kemarin ludes terbakar. Kebakaran diduga akibat  kompor salah satu kios meledak. 12 ruko itu diantaranya  satu pangkas rambut, 6 toko pakaian, 1 konter hp, 2 kios pecah belah, kelontongan dan kios mainan.

Kasat Reskrim Polres Yahukimo, Ipda Hidayat mengatakan bahwa, kebakaran tersebut  terjadi saat dilakukan proses audiensi Wakil Bupati Yahukimo dengan kelompok pemuda yang menyampaikan aspirasi  terkait beberapa permasalahan.

“Kebakaran itu  tidak ada hubungannya dengan kegiatan audiensi  karena tidak ditemukan motif atau latar belakang yang mengkaitkan dua kejadian tersebut. Api diduga bersumber akibat kompor salah satu kios itu meledak.  Sementara audiensi dengan Wakil Bupati, ruko itu sudah terbakar,” ujarnya kepada Salam Papua melalui pesan singkat, Jumat (28/2/2020).

Dijelaskannya, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 12.30 WIT . Dimana, saat itu, saksi dari tempat pangkas rambut sedang memasak air menggunakan kompor. Namun tiba-tiba kompor itu meledak dan menyambar sebuah jirigen yang berisi bensin sehingga mengakibatkan api membesar dan menghanguskan kios tersebut.

“Kami sementara lagi olah TKP.  Untuk laporan sementara, akibat kebakaran itu 12 kios terbakar, dan 1 orang mengalami luka bakar,” jelasnya.

Terkait hal tersebut, diketahui, kelompok yang terdiri atas ratusan pemuda itu melakukan aksi demo di halaman Kantor Bupati Yahukimo sekitar pukul 11.05 WIT.

Massa menyampaikan beberapa aspirasi terkait permasalahan sering terjadinya pemadaman listrik oleh PLN, ketersediaan lapangan kerja serta beberapa masalah internal lainnya. Selama aksi tersebut, situasi kamtibmas kondusif dan berjalan lancar.

Selanjutnya, sekitar pukul 12.30 WIT, pada saat masih dilakukan audiensi antara kelompok pemuda dengan Wakil Bupati, terjadi kebakaran di Ruko Blok B Kota Dekai yang mengakibatkan 12 Unit Ruko terbakar dan 1 (satu) orang mengalami luka bakar. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment