100 Prajurit Gabungan TNI Siap Dikerahkan Bantu Tim Gugus Covid-19 Mimika

Bagikan Bagikan
Apel pengecekan kekuatan pasukan untuk membackup tim Gugus lawan Covid-19. (Foto: SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) - Demi membantu tim Gugus Covid - 19 mencegah penyebaran virus Corona agar tidak masuk ke Kabupaten Mimika, gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) baik Angkatan Darat, Laut maupun Udara sebanyak 100 prajurit siap dikerahkan.

"Tadi malam kami sudah menerima surat telegram dari Kepala Staf Angkatan Darat yang sudah ditindaklanjuti oleh Surat telegram Pangdam 17 Cenderawasih untuk menyusun kekuatan minimal 1 SSK dengan kekuatan 100 orang untuk dilibatkan membackup tim gugus tugas yang sudah ada di kota maupun kabupaten masing - masing daerah," jelas Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan kepada awak media usai mengadakan apel pengecekan pasukan di Koramil 1710 - 02/Mimika, Kamis (26/3/2020).

Pio yang juga bertindak atau berkapasitas sebagai Dansub Garnisun di wilayah Mimika untuk satuan TNI di wilayah Mimika tersebut menjelaskan sebenarnya untuk pelibatan dalam kegiatan gugus ini sudah berjalan khususnya Kodim, namun belum dimaksimalkan dengan melibatkan satuan - satuan TNI yang lainnya.

"Ini yang menjadi penting, siang ini kita melakukan pengecekan, kita yakinkan bahwa 100 prajurit kekuatan minimal itu sudah tersedia," katanya.

Tugas pokoknya, jelas Pio, adalah membackup dan memperkuat Gugus Tugas. Dimana secara spesifik nanti akan menunggu untuk mendapatkan arahan pembagian tugas dari Gugus Tugas.

"Contoh yang paling sederhana, kita juga akan dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi, penyemprotan, pembatasan masyarakat berkumpul, dan kegiatan lainnya. Yang jelas semuanya bahwa kita dilibatkan dalam setiap kegiatan," ujarnya.

Ia menjelaskan, berkaitan dukungan tersebut, 
pihaknya sedang komunikasikan ke pemda, dan tentu saja pasti akan didukung karena ini melibatkan seluruh stakeholder, terkait dengan semua satuan TNI.

"Semuanya nanti akan didistribusikan dengan sistim satu pintu melalui Jodim untuk menjamin semua prajurit melaksanakan tugas," tuturnya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment