Baru Tiba di Timika, Penumpang Dari Daerah Terpapar Corona Diminta Isolasi Diri Sebelum Bertemu Orang Lain

Bagikan Bagikan
IDI Timika bersama Polres Mimika memberikan imbauan terkait Virus Corona (Covid-19). (Foto: SAPA/Salma

SAPA (TIMIKA)  - Guna mencegah penyebaran Pandemi virus corona (Covid-19) di Mimika, para dokter yang tergabung dalam wadah Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Mimika bersama bersama Polres Mimika melakukan sosialisasi kepada para penumpang di Bandara Internasional Mozes Kilangin, Senin (23/3/2020).

Dalam sosialisasi tersebut, Ketua IDI Mimika dr.  Leonard Pardede meminta para penumpang yang baru tiba dari daerah luar khususnya daerah yang terpapar corona untuk langsung melakukan isolasi diri selama 14 hari sebelum bertemu orang lain.

"Mereka yang baru datang dari luar Timika, cukup 14 hari saja mereka mengisolasi diri. Tanpa ada isolasi diri, kita tidak akan bisa menangkal corona ini," kata Leonard usai memberikan imbauan. 

Ia mengatakan upaya pencegahan pandemi corona (Covid-19) membutuhkan keterlibatan dan disiplin bersama seluruh warga, tidak bisa dilakukan hanya oleh sebagian orang.


"Kita tidak tahu virus itu ada dimana. Penularannya melalui batuk atau juga bisa dengan sentuhan. Kita memegang sesuatu barang yang sudah terkontaminasi virus Covid lalu memegang hidung atau mulut atau mata maka virus itu masuk ke dalam tubuh kita dan berkembang biak. Kalau daya tahan tubuh kita kuat dan belum menunjukkan gejala sakit, kita bisa menularkan virus itu kepada orang lain," ujarnya. 

Menurut Leonard, kelompok berisiko tinggi yang berpotensi meninggal dunia akibat terkena virus tersebut merupakan orang yang terutama berusia di atas 60 tahun dengan kondisi daya tahan tubuh yang kurang. Kendati demikian,  tidak menutup kemungkinan terhadap usia muda tanpa menunjukkan gejala.

"Juga mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung, hati, paru-paru, kencing manis, ginjal, atau Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA). Mari bersama-sama kita mencegah pandemi ini, tanpa bersama-sama kita tidak akan bisa. Jaga jarak dengan orang lain minimal satu meter, isolasi diri bagi yang baru datang. Jaga kesehatan dengan mengonsumsi vitamin c, meminum air hangat dua hingga tiga liter per hari. Boleh beraktivitas ke luar rumah, tapi harus tetap menjaga jarak dengan orang lain," ujarnya.

Perlu diketahui, selain di Bandara Mozes Kilangin, kegiatan sosialisasi serupa juga diberikan kepada para penumpang kapal di Pelabuhan Poumako dan berbagai fasilitas umum di Kota Timika. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment