Besok, Disperindag Mimika Bentuk Tim Pengawasan Harga Barang

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mimika, Bernadinus Songbes. (Foto : SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Mimika segera membentuk tim pengawasan harga barang termasuk pengawasan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU).

“Saya sudah sampaikan kepada Kabid Perdagangan dan Industri supaya besok, Kamis (26/3/2020) kami bentuk tim supaya bisa bekerja, termasuk dengan pengawasan SPBU, dengan pengawasan harga barang di pasar,” kata Kepala Disperindag Bernadinus Songbes kepada awak media, Rabu (25/3/2020).

Dijelaskan karena hari ini, Rabu (25/3/2020) pihaknya baru mengadakan rapat bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati terkait dengan penutupan sementara akses masuk dan keluarnya penumpang di Kabupaten Mimika, sehingga regulasi atau intruksi secara tertulis yang akan dijadikan dasar hukum pengawasan baru akan diberikan kepada Disperindag.

“Kami masih menunggu dasar hukum terkait intruksi yang tadi juga sudah dibahas didalam rapat, sepanjag instruksi belum kami pegang maka kami belum bisa mengambil langkah, jadi intruksi itu sebentar kami akan ambil dan siap untuk dilaksanakan,” ujar Bernadinus.


Kemudian terkait dengan stok barang, Bernadinus memastikan bahwa semuanya dalam kondisi yang aman termasuk dengan sembilan bahan pokok.

“Kenaikan harga hanya pada barang – barang tertentu saja, sedangkan secara umum, harganya stabil dan normal. Nanti setelah ada intruksi untuk menjalankan pengawasan, kami akan memberikan data yang akurat untuk media beritakan,” katanya.

Ia mengaskan bahwa jika ada pedagang yang menaikan harga tidak sesuai aturan, maka akan diberikan teguran pertama, hingga ketiga, jika tidak juga diindahkan maka akan diteruskan untuk dilaporkan ke polisi dan dibawa ke ranah pidana.

“Nanti jika masyarakat mendapati ada harga yang mengalami kenaikan, setelah kami bentuk tim baru akan diarahkan kemana masyarakat akan melaporkan karena Disperindag selalu memantau harga barang setiap hari,” tuturnya (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment