Cegah Corona Saat Misa Di Gereja Santo Stefanus Sempan, Tempat Duduk Dipasang Police Line, Tali Rafia dan Lakban

Bagikan Bagikan
Suasana Misa di Gereja Santo Stefanus Sempan. Nampak police line dipasang di ujung bangku untuk mengatur jarak duduk anatrumat di depan dengan yang di belakang (Foto: SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) -
Misa di Gereja Santo Stefanus Sempan berjalan dengan khidmat. Misa dilaksanakan sebanyak tiga kali yakni pertama dilaksanakan pada Sabtu (21/3/2020) sore, kedua Minggu (22/3/2020) pukul 06.00 WIT, dan ketiga pukul 08.30 WIT.
Pantauan Salam Papua, umat yang datang langsung meletakan uang kolekte atau persembahan di tempat yang sudah disiapkan, kemudian langsung mencuci tangan dan masuk ke dalam gedung gereja.

Pihak gereja merancang air mencuci tangan yang terus mengalir menggunakan pipa, di samping kiri tiga tempat, samping kanan juga tiga tempat, dilengkapi dengan sabun pencuci tangan yang mana semuanya sudah dikomunikasikan dengan pihak medis.

Kemudian untuk gambaran di dalam gedung gereja, pihak Paroki Santo Stefanus Sempan mengatur jarak antar umat dengan diberi tanda menggunakan police line, tali rafia dan lakban. Jika ada tanda - tanda tersebut artinya umat dilarang untuk duduk di tempat itu. Diarahkan untuk mencari tempat yang tidak ada tanda tersebut, yang mana sudah diatur jaraknya oleh petugas gereja. 


Suasana Misa di Gereja Santo Stefanus Sempan. Nampak tali rafia dipasang di ujung bangku untuk mengatur jarak duduk anatrumat di depan dengan yang di belakang (Foto: SAPA/Kristin)

Untuk satu deret kursi juga diarahkan duduk perkeluarga. Jika bukan rombongan dalam satu rumah maka satu deret hanya boleh ditempati 3 orang untuk kursi yang berukuran pendek, untuk sedang ditempati 4 orang dan kursi ukuran panjang 5 orang. Sementara jika rombongan dalam satu rumah bisa lebih dari itu.

Setelah itu diumumkan secara berulang untuk ditekankan agar  atur jarak saat duduk yakni satu meter.

Sebelum misa dimulai, desinfektan disemprotkan di dalam gedung gereja hingga halaman gereja. Umat yang datang rata - rata tidak memakai masker. 

Untuk berjabat tangan ditiadakan, umat hanya meletakan tangan di dada kemudian menundukan kepala sebagai tanda saling menghormati satu dengan yang lainnya.

Salam Papua berkesempatan mengikuti misa ketiga dimana misa dimulai pada pukul 08.30 WIT. Misa dipimpin oleh Pastor Paroki Santo Stefanus Sempan, P. Maximilanus Dora, OFM.

Dalam kotbahnya Pastor Maxi mengatakan hari ini adalah hari minggu prapaskah yang ke empat atau minggu sukacita.

Disebut sukacita karena Penghibur dari Allah melalui Yesus Kristus, oleh karena itu pertobatan bukan sebagai beban melainkan kesempatan mengalami kasih Allah yang utuh.

"Pertobatan akan membuat orang merasa mengalami kesembuhan dalam mengalami kebutaan, bangkit dari kelumpuhan dan mengalami rahmat Allah," katanya.

Dikatakan, hampir semua orang tidak suka akan kegelapan. Kata Pastor Maxi, kegelapan adalah  kelumpuhan dan penjara, ia adalah kebisuan sekaligus kebutaan karena tak ada yang dapat dilihat. Kegelapan adalah kubur, kegelapan adalah kematian, dosa, kejahatan, dan tindakan - tindakan kriminal, kemiskinan, radikalisme, terorisme, hoax, penindasan dan semua bentuk kekerasan adalah kegelapan.

"Kita semua yang dibaptis dalam nama Yesus diubah dari kegelapan menuju terang untuk membuahkan kebaikan dan kebenaran," katanya.

Dalam bacaan injil hari ini Tuhan Yesus menyembuhkan orang yang matanya buta sehingga dia bisa melihat terang.

"Untuk kita, cahaya itu adalah Kristus. Mari kita membasuh diri kita dari kegelapan dan dosa kita dan mengenakan Kristus sebagai cahaya sejati kita didalam kehidupan. Semoga Tuhan menjadi sumber terang untuk kita selama - lamanya," katanya.

Dalam misa tersebut juga diselipkan dengan pelantikan badan pengurus dari 10 Kombas yang ada di lingkup Paroki Santo Stefanus Sempan.

Kemudian dalam doa umat dikhususkan doa untuk para korban pandemi Corona, tenaga medis, pemerintah, dan semua relawan yang bekerja dalam proses memerangi Corona.

Dalam pengumuman, Pastor Maxi menjelaskan secara singkat jika ada pemberitahuan lanjutan apakah minggu - minggu selanjutnya akan ada ibadah atau tidak, akan disampaikan lagi kepada umat.

"Kita akan lihat bagaimana perkembangan ke depan. Yang jelas bahwa pastor adakan perayaan ekaristi sejak kemarin hingga hari ini bukan tanpa alasan," ujarnya 

Pastor Maxi mengatakan alasan yang pertama adalah ia menerjemahkan anjuran pemerintah, dan keuskupan.

"Mengapa saya selalu hati - hati , saya sebagai gembala umat, harus bijaksana dan harus hati - hati dalam menghadapi pro dan kontra. Karena itu kita harus pelan - pelan menjelaskan kepada umat. Kebijakan ini akan berakhir kalau seandainya yang dikeluarkan oleh pemerintah adalah perintah untuk menutup tempat ibadah. Namun kalau berupa imbauan maka saya juga memikirkan hal - hal yang perlu untuk dipersiapkan dalam misa seperti menyemprotkan desinfektan secara berkala, mencuci tangan, dan menjaga jarak," ujarnya.

Ayu, salah satu umat yang ikut ibadah kepada Salam Papua usai ibadah mengatakan sejauh ini dirinya yakin bahwa jika Paroki mempersilahkan adanya misa artinya bahwa paroki telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk umat sehingga umat bisa terjaga.

"Kalau selama kita ikuti anjuran dokter seperti mencuci tangan, kemudian menjaga jarak di dalam gedung gereja, dan usai ibadah disterilkan dengan menyemprotkan desinfektan saya kira masih aman," ujarnya.

Ayu menyarankan lebih baik jika pihak paroki juga menyiapkan alat untuk mengukur suhu tubuh sehingga semua umat yang masuk ke gedung gereja bisa diperiksa. 

Ayu juga mengingatkan semua umat agar bisa berhati - hati, tetap ikuti anjuran dari pihak paroki yang tentunya sudah sesuai dengan anjuran kesehatan.

"Jika ada perintah dari paroki bahwa misa ditiadakan, maka kami akan ikuti. Namun jika misa masih tetap tentu kami juga ikuti selama pihak paroki melaksanakan apa yang menjadi anjuran kesehatan. Saya berharap semua baik saja, dan kita berdoa semoga Timika tetap aman," katanya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik Net sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik Net paling best ya guys...

    BalasHapus

  2. Hanya di qqharian,club website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dan terpercaya!!
    Daftarkan dirimu segera dan langsung bermain dan dapatkan macam bonus promo.
    Ingin membuktikannya ???
    Langsung gabung bersama kami, di qqharian,club

    BalasHapus