Kasus Pertama dan Terbaru di Mimika, Bocah Laki-Laki Usia Satu Tahun Jadi Pasien Dalam Pengawasan, Dirawat di RSUD

Bagikan Bagikan
Reynold Ubra

SAPA (TIMIKA) - Setelah Merauke dan Kota Jayaputa, Mimika akhirnya masuk dalam daftar daerah yang diduga nemiliki pasien yang terjangkit virus corona. Ini merupakan kasus pertama dan terbaru di Mimika.

Seorang bocah laki-laki berusia 1 tahun 11 bulan di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kini menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

Juru Bicara Tim GugusTugas Percepatan Pengendalian Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Mimika, Reynold Ubra yang dihubungi dari Timika, Selasa (24/3/2020) mengatakan pasien tersebut masuk ke RSUD Mimika pada Senin (23/3/2020) malam.

Dijelaskan, berdasarkan tanda dan gejala serta hasil foto rontgen, pasien tersebut menunjukkan pneumonia berat.

"Pasien ini tidak memiliki riwayat kontak erat dengan orang dalam pemantauan dengan kontak risiko rendah maupun dengan pasien dalam pengawasan dengan kontak risiko tinggi, bahkan tidak punya riwayat bepergian ke daerah terjangkit," jelas Reynold.

Meski demikian, melalui pertimbangan medis terutama tindakan pencegahan serta mengingat situasi penyebaran COVID-19 saat ini, katanya, maka pasien tersebut dikategorikan sebagai ODP.

"RSUD Mimika telah mengirimkan sampel untuk diperiksa pada hari ini, Selasa, 24 Maret 2020," jelas Reynold.

Reynold menambahkan, sesuai kebijakan Kemenkes, untuk status ODP belum dapat diperiksa. Namun pemeriksaan diprioritaskan kepada orang dengan status PDP.

Tim Kesehatan Provinsi Papua menetapkan pasien tersebut sebagai PDP dengan pertimbangan agar swab atau sampel dahak pasien tetap dapat diperiksa.

"Oleh karena itu status pasien diubah dari ODP menjadi PDP," ujarnya.

Dalam kasus tersebut, kata Reynold, orang tua pasien tidak dapat memberikan penjelasan terhadap faktor risiko hingga menyebabkan putra mereka mengalami pneumonia berat.

Langkah penanganan lebih lanjut yaitu dengan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan penanganan pasien selanjutnya.

Saat ini kondisi pasien tersebut dilaporkan sudah mulai membaik, namun masih tetap dalam penanganan tim medis RSUD Mimika.

"Langkah yang akan dilakukan oleh tim gugus tugas adalah melakukan investigasi lebih lanjut terutama informasi riwayat kontak untuk menentukan faktor risiko sambil menunggu hasil pemeriksaan laboratorium," jelas Reynold. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik Net sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik Net paling best ya guys...

    ReplyDelete
  2. Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Bola165.co mempunyai promo Welcome cashback,
    anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%,
    tunggu apa lagi hanya di bola165,co yang berani memberikan bonus promo casback,
    buruan bergabung sekarang juga.

    ReplyDelete