Kodim Manokwari Melatih Prajurit Meramu Cairan Disinfektan

Bagikan Bagikan
Prajurit TNI di jajaran Kodim 1801-Manokwari bersama Yayasan Cinta Papua membuat cairan disinfektan menggunaan bayclin dan pembersih lantai.(Foto-Antara)

SAPA (MANOKWARI) - Komando Distrik Militer 1801/Manokwari, Papua Barat, melatih para prajurit untuk meramu cairan disinfektan untuk membantu pemerintah daerah mencegah penyebaran virus corona.

Pelatihan dilaksanakan bersama Yayasan Terang dan Cinta Papua dan Lions Club, Selasa.

Personel Kodim dan seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) hadir sebagai peserta.

Dandim 1801/Manokwari, Kolonel J Lumbantoruan mengutarakan bahwa, pelatihan ini bertujuan agar para anggota TNI bisa berperan aktif dalam menciptakan ketahanan masyarakat dalam mencegah penyebaran virus tersebut.

Khusus untuk Babinsa yang merupakan perwakilan dari Koramil, usai mengikuti pelatihan tersebut dapat memberikan pelatihan kembali kepada masyarakat.

"Kita sudah dilatih untuk membuat cairan disinfektan dengan bahan yang mudah didapatkan di pasaran atau supermarket. Pelatihan ini tentunya dengan standar Dinas Kesehatan dan BPOM. Selain itu, kegiatan ini juga bagian dari membantu pemerintah dalam pencegahan Covid-19 terutama di wilayah teritorial Kodim 1801/Manokwari." ucap Dandim.

Pada pelatihan ini para prajurit TNI belajar membuat cairan disinfektan mengunakan bahan dari air bersih, bayclin, cairan pembersih lantai dan karbol. Bahan-bahan tersebut diaduk dan dicampur sesuai takaran dan selanjutnya dimasukan kedalam wadah penyemprotan.

Setelah berhasil memproduksi sendiri cairan disinfektan, aksi penyemprotan pun dilakukan di Markas Kodim. Penyemprotan dilaksanakan di ruang jaga Kesatrian, Ruangan Staf, Ruang Dandim/Kasdim, Rusunawa, Rumah Dinas anggota dan Mobil Dinas Kodim 1801/Manokwari

Dandim menekankan, penyemprotan dilakukan secara teliti untuk memastikan setiap sisi Kantor dan lingkungannya dapat disterilkan. Sterilisasi harus maksimal untuk mencegah virus mewabah di dalam ruangan maupun dilingkungan.

Dandim menyebutkan, Kodim Manokwari akan memperoleh bantuan berupa 300 buah alat semprot disinfektan dari Yayasan Cinta Papua sedang. Saat bantuan tersebutvsedang dalam pengiriman dari Surabaya.

Jika alat semprot tersebut tiba di Manokwari, Anggota Kodim 1801 akan diterjunkan langsung untuk melakukan penyemprotan disinfektan di tempat keramaian seperti Bandara, pelabuhan, terminal dan pasar. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment