Mulai 26 Maret, Bandara Mozes Kilangin Dan Pelabuhan Poumako Ditutup Hingga 14 Hari Ke Depan

Bagikan Bagikan
Suasana di Bandara Mozes Kilangin. (Foto: SAPA/Salma)

SAPA (TIMIKA) –  Bandara Mozes Kilangin dan Pelabuhan Poumako akan ditutup (lockdown) selama dua minggu terhitung mulai tanggal 26 Maret hingga 9 April 2020.
.
 Lockdown dua pintu masuk ini berdasarkan kesepakatan rapat Forkopimda Provinsi Papua. Rapat yang dihadiri oleh seluruh Bupati dan Wali Kota se-Papua, Selasa (24/3/2020) ini menyepakati bahwa Provinsi Papua menutup bandara dan pelabuhan selama 14 hari khusus untuk mobilisasi penumpang. Sedangkan untuk barang atau cargo  serta logistik, tetap berjalan seperti biasa dengan pengawasan yang ketat.

“Yang disepakati dalam rapat tersebut adalah untuk di wilayah adat Mepago, Lapago dan Anima untuk sementara ditutup. Akses penerbangan dan pelabuhan khusus penumpang untuk sementara dihentikan. Itu mulai tanggal 26 Maret sampai 9 April,” ungkap Sekda Provinsi Papua, Hery Dosinanen dalam rekaman video  yang disebar melalui meda social.

Putusan itu menurut dia, akan dievaluasi kembali apabila terjadi hal yang  signifikan atas pandemi covid-19 yang saat ini merebak. 

Selain menutup bandara dan pelabuhan, juga dilakukan penutupan seluruh tempat hiburan, tempat ibadah. 

Selanjutnya, TNI dan Polri bersinergi guna menertibkan masyarakat yang bekeliaran di jalan pada malam hari.

Aktivitas di semua pasar hanya boleh dimulai dari jam enam pagi hingga pukul 14.00 Wit.

“Itu berarti selama 14 hari ini kita semua berdoa dari rumah masing-masing. Semua itu adalah kesepakatan bersama," ujar Sekda.

Untuk persoalan ini, Gubernur dan seluruh Bupati dan Wali Kota sepakat melakukan pergeseran anggaran  APBD sesuai kondisi daerahnya masing-masing. 

“Ini semua secepatnya dilakukan. Hal ini juga sudah ada perintah langsung melalui teleconference dari Presiden kepada semua Gubernur,” jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar