Mulai Besok Hingga 9 April, Garuda dan Sriwijaya Air Tidak Terbang ke Timika

Bagikan Bagikan
Rudolf Hutabarat dan Timotius Yuda. (Foto: SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Maskapai Garuda dan Sriwijaya Air di Mimika tidak terbang melayani penumpang mulai besok Kamis, 26 Maret hingga 9 April 2020 sesuai masa pembatasan penerbangan di Bandara Mozes Kilangin untuk mencegah penyebaran Covid-19 (Corona).  

Branch Manager Garuda Indonesia, Rudolf Hutabarat mengatakan setelah adanya rapat bersama Pemkab Mimika, semua layanan yang terkait dengan mobilisasi penumpang akan berhenti mulai tanggal 26 Maret. Selanjutnya, Garuda akan membagi voucher sebagai pengganti tiket yang telah dibooking oleh setiap calon penumpang. Voucher tersebut bisa dipakai untuk reschedule atau untuk pembelian ulang tiket, sehingga tidak ada kerugian bagi setiap calon penumpang.

“Ini terkait dengan pencegahan Covid-19. Jadi kita ikuti apa yang telah ditetapkan Pemekab Mimika. Untuk tiket bagi calon penumpang yang sudah terlanjur booking akan kita ganti dengan voucher supaya tidak ada kerugian,” kata Rudolf, Rabu (25/3).

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan data pembukuan sejak awal bulan Maret, jumlah bookingan tiket hanya mencapai 30 hingga 40 persen. Capaian itu sangat rendah, akibatnya adalah cancle sebanyak kurang lebih 40-50 persen penerbangan atau 50-70 penumpang. 

“Untuk persoalan ganti voucher itu berarti calon penumpang harus berurusan ke kantor Garuda dan bukan lagi di Bandara, karena otomatis kita tidak ada lagi aktivitas di bandara mulai tanggal 26 Maret sampai 9 April,” jelasnya.
  
Sementara Branch Manager Sriwijaya Air, Timotius Yuda menjelaskan bahwa Sriwijaya akan patuh dan mengikuti putusan Pemkab Mimika untuk menghentikan sementara operasional penerbangan komersial mulai tanggal 26 Maret hingga 9 April. 

Selanjutnya akan menunggu hasil koordinasi  bersama head office pusat untuk memastikan persoalan ganti rugi atas tiket yang telah dibooking oleh oleh para calon penumpang.

“Kita tetap ikuti putusan Pemkab. Soal ganti rugi tiket yang telah dibooking akan diketahui setelah kami koordinasi ke head office kami di pusat. Selama ini Sriwijaya  layani masyarakat tiga kali sehari dengan rute Timika ke Jayapura, Timika Sorong dan Timika Makassar,” jelas Yuda. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar