Personil Polsek Mimika Baru Ikut Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Bagikan Bagikan
Suasana kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19. (Foto: SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 27 personil Polsek Mimika Baru mengikuti sosialisasi tindakan pencegahan penularan Covid-19. Kegiatan berlangsung di Kantor Polsek Mimika Baru, Jumat (27/3/2020).

Sosialisasi diberikan oleh Mariance Aruan selaku petugas promosi Dinas Kesehatan Mimika.

Pokok materi sosialisasi yang disampaikan berkaitan dengan awal beredarnya Virus Corona kemudian gejala - gejalanya dan proses untuk menjaga diri agar terhindar dari Corona.

Adapun cara agar terhindar dari wabah virus Covid 19 (Virus Corona) diantaranya adalah Isolasi diri selama 14 hari di rumah, jika bepergian memakai masker karena cara penularan virus Corona salah satunya melalui batuk dan bersin.

Setiap hari berjemur di matahari pagi selama 10 sampai 15 menit karena Virus Corona akan mati jika kena matahari.

Perbanyak mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Lakukan observasi suhu tubuh setiap hari dan jika ada gejala sakit batuk, demam dan sakit tenggorokan segera berobat.

Menjaga jarak minimal 1 sampai 2 meter antara satu sama lain guna meminimalisir penyebaran virus Corona.

Beberapa Negara maju yang terjangkit memiliki peralatan Kesehatan yang sangat canggih namun karena menyepelekan wabah ini serta tidak mengindahkan imbauan Pemerintah sehingga banyak warga mereka meninggal dunia.

"Sampai saat ini di Kabuparen Mimika belum ada masyarakat terjangkit wabah Covid 19 (virus Corona) namun berstatus ODP baru 1 orang. Sampel darahnya telah dikirim ke Jayapura untuk diperiksa," kata Mariance.

Kapolsek Mimika Baru, Kompol Sarraju SH, menyarankan agar pihak Dinas Kesehatan Mimika membuat suatu pedoman untuk Polsek.

"Sehingga kami bisa memasangnya baik di mako Polsek, maupun di tempat keramaian, sehingga masyarakat bisa paham tentang langkah pencegahan," serunya.

Ia mengatakan, aparat Kepolisian sulit menghindari pelayanan masyarakat yang datang jumlah banyak maka untuk itu Polsek Mimika Baru akan menciptakan standar pelayanan masyarakat.

"Kami juga menyarankan agar perlu ada pengecekan berkala terhadap suhu tubuh dan jika ada gejala di temukan maka bisa dilakukan penanganan awal," ujarnya.

Selanjutnya, Sarraju berharap hasil sosialisasi bisa dipedomani dengan baik dan mulai hari ini pelayanan masyarakat di kantor akan didesain sedemikian mungkin untuk ikut mendukung pencegahan corona.

"Untuk para anggota hindari kontak badan dengan para tahanan," katanya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a comment