Ujian Nasional Dibatalkan, Kadisdik Katakan Mimika Tidak Ada Masalah

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Jeni Usmani. (Foto: SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) - Surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia  (Kemendikbud RI) nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid - 19 yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan RI, Nadiem Makarim pada tanggal 24 Maret 2020, salah satu poin menjelaskan tentang Ujian Nasional (UN) dibatalkan 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika Jeni O. Usmani mengatakan untuk Mimika tidak ada masalah.

“Kalau terkait itu untuk kita di Mimika tidak ada masalah. Berdasarkan evaluasi, UN itu adalah sistim yang berlaku secara nasional, tapi untuk mengukur kemampuan anak, itu dilakukan oleh guru, dan guru mengukur itu pada saat proses,” jelas Jeni kepada awak media, Rabu (25/3/2020).

Ia mengatakan untuk memastikan anak bisa atau tidak, ada alat ukur dan tentu yang mengetahui hal tersebut adalah guru sendiri sehingga tidak harus UN untuk memastikan anak bisa lulus atau tidak. Karena semua melewati proses pembelajaran di sekolah secara langsung.

“Jadi tidak berpengaruh, dan untuk Kabupaten Mimika, sebelumnya sudah ada pernyataan bahwa UN akan dihapus maka kami juga sudah mengantisipasi dimana Dinas sudah membentuk tim untuk membuat soal untuk kabupaten. Jadi soalnya sudah ada tergantung nanti modelnya seperti apa, yang jelas mau ujian atau tidak, hasil penilaian tetap ada,” ujarnya.

Karena kata Jeni, penilaian itu dilakukan kalau proses pembelajaran juga dilakukan. Proses pun sudah dijalankan untuk kelas yang akan lulus yakni proses semester pertama, dan kini semester kedua sedang berjalan.

“Untuk imbauan terkait UN dibatalkan ini juga kami sudah sampaikan dan sudah diedarkan melalui WA, tinggal nanti akan dibuat edaran secara tertulis untuk dikirim ke sekolah – sekolah bahwa UN tidak ada,” tuturnya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment