Tim Satgas Mimika Sebut Balita PDP Sudah Sehat

Bagikan Bagikan
Reynold Ubra. (Foto: SAPA/ Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Juru Bicara (Jubir) Tim Satgas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra memastikan seorang balita umur 1 tahun  11 bulan yang sebelumnya ditetapkan Tim Satgas Provinsi Papua masuk dalam kriteria pasien dalam pengawasan  (PDP) Covid-19 saat ini sudah sehat. 

Untuk pemeriksaan lebih lanjut  Rey kepada awak media, Kamis (26/3/2020) mengungkapkan  bahwa sampel pemeriksaan telah dikirim dua kali ke Jayapura untuk memastikan Balita tersebut positif atau negatif covid- 19.

Namun, realitanya Rey mengungkapkan kondisi Balita tersebut sudah sehat. Jika hasil dari Provinsi menyatakan Balita tersebut  sehat maka pemerintah akan mengeluarkan surat bahwa balita tersebut sehat. 

"Dua atau tiga hari ke depan, hasil pemeriksaan sampel tersebut sudah bisa diketahui,  hasilnya akan disampaikan langsung oleh tim gugus dari Provinsi Papua, " kata Rey. 

Terkait ada PDP ataupun ODP di Kabupaten Mimika, Rey menjelaskan sampai hari ini tim satgas belum bisa menyampaikan secara pasti, karena ada kriteria- kriteria yang harus ditetapkan, terutama dalam menggali factor resiko 

 "Untuk menentukan kriteria ODP ataupun PDP itu harus memenuhi dua syarat, yakni syarat klinis (tanda dan gejala) serta factor dan resiko. Syarat klinis mudah diketahui karena adanya sakit, namun factor resiko apakah orang itu pernah kontak dengan orang yang sudah positif covid-19, " ujarnya. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment