36 Warga Timika Dan Mapurujaya Terkontaminasi Virus Corona Dari Pasien Positif 03

Bagikan Bagikan
Reynold Ubra.(Foto: Dok/SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Salah satu pasien di RSUD Mimika yang dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 31 Maret lalu telah menyebabkan puluhan orang terkontaminasi dan tercatat sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Tanpa Gejala (OTG) serta Orang Dalam Pantauan (OPD).

Juru Bicara Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra melalui sambungan teleconfrence mengaku bahwa tim telah melakukan contact traching dan ditemukan sebanyak 36 orang PDP pernah kontak dengan pasien positif 03. 

Sebanyak 36 orang tersebut tersebar dari Mapurujaya dan di dalam Kota Timika. Lingkup kontak langsung yang terjadi mulai dari dalam keluarga pasien positif terkait dan menyebabkan empat orang PDP. Di klinik pertama yang dikunjungi pasien positif 03 pada tanggal 22 Maret lalu, ditemukan sebanyak lima orang PDP dan enam OTG. Di klinik yang dikunjungi pasien positif 03 pada tanggal 25 Maret lalu ada sebanyak empat PDP dan tiga OTG. Sedangkan di rumah penduduk di Mapurjaya ada dua orang yang melakukan kontak erat dengan pasien positif 03 dan menjadi PDP, dua OTG serta dua ODP.

"Saat ini semua tim kembali lagi ke lapangan untuk lakukan pemeriksaan kepada seluruh pasien yang terkontak dengan pasien positif 03 ini. Semua pasien OPD, PDP dan OTG itu akan ditest langsung dengan rapid test," ungkapnya, Kamis (2/4/2020) malam.

Dengan meningkatnya penularan Covid-19 di Mimika, seluruh masyarakat Mimika harus melakukan isolasi mandiri, mengurangi aktivitas di tempat umum serta hindari kontak langsung antar sesama.

"Masyarakat harus pakai masker dan mawas diri. Tetap jaga kesehatan dengan menghindari aktivitas yang berbaur dengan orang banyak. Jangan lupa sering cuci tangan dan pakai masker," ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya (Salam Papua, 1/4/2020), Pasien 03, 02 kata Rey memiliki hubungan dengan kegiatan di Lembang. 

"Ada seseorang yang meninggal kemarin malam, juga ternyata punya hubungan erat dengan pasien 03 positif Covid-19. Ada 1 PDP yang belum bisa dipastikan karena belum masuk dalam laporan. Namun punya sakit dan gejala yang sama. Mereka ini pernah kontak juga dengan salah satu peserta yang hadir di kegiatan di Lembang yang juga telah meninggal dunia pada beberapa waktu lalu," tuturnya

Rey menjelaskan, kasus yang terjadi di Mimika saat ini merupakan import dari Lembang dan pastinya kasus ini akan terus berkembang. 

"Dari pasien 03, 02  kami kembangkan menjadi 4 kelompok besar,  yakni kelompok yang ada di rumah, kelompok resiko tinggi, kelompok erat dari pasien yang tidak terkonfirmasi dan petugas kesehatan yang bertugas di ruang jenazah pada saat memandikan salah satu orang yang meninggal dunia kemarin," lanjutnya.

Dari tracing kontak setiap 1 kasus di dapat kurang lebih 30 orang. Jika 2 kasus ditambah dengan 2 orang yang meninggal dan punya hubungan dengan dua pasien positif Covid-19 mencapai 100 orang.  Dari 100 orang hasil tracing kontak akan dipetakan mana PDP, ODP dan OTG 

"Dari pola kasus 02, dan 03 masa inkubasi di Mimika kita akan perpanjang, bukan lagi 14 hari namun 28 hari.  Sementara kasus yang terjadi pada pasien 01 sudah melewati masa inkubasi baru dinyatakan positif covid19," ujarnya

Ini artinya setiap individu memiliki karakteristik imunisasi yang berbeda 

Dari kasus pasien 02, 03 positif Covid-19 dan kasus 04 dan 05 yang negatif memiliki hubungan erat dengan 1 peserta yang hadir di Lembang dan meninggal.

"Diduga ke 4 orang, dua positif dan dua negatif ini terpapar pada saat salah satu peserta itu meninggal dunia, dimana mereka hadir pada saat pemakanan dan sebelum pemakan mereka sempat mencium jenasah," ujarnya. 

"Kami juga ingin mengklarifikasi, bahwa soal kasus serumpun ini masih terus berkembang, salah satu peserta yang meninggal pada beberapa waktu lalu kita tidak menduga ada penyakit lain, karena sesuai rekam medis dari pihak rumah sakit bahwa almarhum meninggal karena riwayat sakit. Tapi setelah hari ketigabelas dengan ditemukan 3 orang positif Covid-19, dan setelah kita kembangkan ternyata almarhum mempunyai hubungan erat dengan 02, 03 covid-19, " ungkap Rey. 

Terhadap salah satu peserta yang telah meninggal, Tim juga akan melakukan tracing kontak terhadap orang- orang sekitar. 


Rey juga menyebut 1 orang yang meninggal kemarin malam, juga punya karakter sakit yang sama dan sama- sama mengikuti kegiatan di Lembang, namun tidak terkonfirmasi medis dan masuk dalam kategori apapun karena tidak ada keterbukaan. Namun kata Rey ini seharusnya ada keterbukaan informasi kepada Tim,  sehingga tim terus melakukan tracing kontak.  (Avik/Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

8 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik Net sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik Net paling best ya guys... Click Disini


    ReplyDelete
  2. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik Net sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik Net paling best ya guys... Click Disini



    ReplyDelete
  3. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI PAGE INI
    INI IALAH CERITA SAYA

    Saya MURNI SANTI, seorang wanita, ibu, kakak dan rakan dari (Bekasi), Indonesia, saya seorang PENGURUS ESTATE SEBENAR dan saya telah mengalami banyak tekanan kewangan baru-baru ini, tidak ada yang mahu meminjam wang kepada kami untuk menyelesaikan projek komersial kami yang telah dibina dalam beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa syarikat pinjaman palsu yang menuntut sejumlah wang daripada saya tanpa kami menerima pinjaman.

    Saya kecewa, suami saya berusaha sebaik mungkin dan menolong, saya akan membunuh diri kerana kesakitan, terlalu banyak ditanggung dan saya kehilangan harapan, sehingga saya diperkenalkan kepada SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL sebuah syarikat pinjaman yang ditaja oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk memohon pinjaman dan menghubungi syarikat itu, pegawai pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan memberitahu saya jangan bimbang syarikat itu akan meminjamkan wang kepada saya, walaupun jumlah yang saya perlukan sangat besar, dan semua yang saya dapat berikan kepada mereka keperluan yang merupakan beberapa maklumat peribadi, yang saya lakukan.

    Saya melalui semua proses, mereka berjanji akan meminjamkan wang yang saya minta setelah mengesahkan saya layak untuk mendapatkan pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang paling mengejutkan adalah pinjaman yang dimasukkan ke dalam akaun saya dan saya mengesahkannya .. Kami syarikat kembali dari segi kewangan dan keluarga saya berjaya dengan baik ini menjadikan hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada semua PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI SAYA
    Murni Santi
    murnisanti55@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete
  5. Do you need a Loan?
    Are you looking for Finance?
    Are you looking for a Loan to enlarge your business?
    I think you have come to the right place.
    We offer Loans at low interest rate.
    Interested people should please contact us on
    For immediate response to your application, Kindly
    reply to this emails below only.
    Whatsapp +918256953815
    ushaservicesonline@gmail.com
    Please, do provide us with the Following information if interested.

    1) Full Name:………
    2) Gender:………
    3) Loan Amount Needed:………
    4) Loan Duration:………
    5) Country:………
    6) Home Address:………
    7) Mobile Number:………
    8)Monthly Income:…………………
    9)Occupation:………………………
    )Which site did you here about us…………………

    Thanks and Best Regards.
    ushaservicesonline@gmail.com
    +918256953815

    ReplyDelete
  6. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. Hubungi kami: [ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY]
                                    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
                                      WhatsApp:::+6282274045059
                                        Tel ....:::+6282274045059

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum
    Data pribadi
    Negara: Indonesia
    Nama: Wahyu Sapto Handoko
    Email: wahyusaptohandoko256@gmail.com
    Alamat: Jl. Sukarela rt.02 / 05 Paninggilan, Ciledug, Tangerang
    Sudah empat tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp1,2 miliar dari ibu Helen dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. Ibu Helen Wilson telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Helen bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya meminta tambahan Rp3,7 miliar setelah melalui saya proses hukum. pinjaman itu disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 48 jam di rekening bank BRI saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Mrs. Helen Wilson dan tim manajemen pinjaman WEMA Finance telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA, INDONESIA dan Rumania, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Ibu Helen Wilson hari ini dan selalu
    Email: (helenwilson719@gmail.com)

    WA: +1-585-326-2165

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

    ReplyDelete