67 Penumpang Pesawat Tiba di Timika, 70 Penumpang Berangkat

Bagikan Bagikan
67 Penumpang tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika. (Foto: SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) -  Maskapai Batik Air kembali melayani penerbangan ke Timika, setelah Pemerintah Kabupaten Mimika menerapkan Pra New Normal menuju New Normal (Kehidupan Baru) di Masa pandemi Covid-19. 

Minggu (14/6/2020) maskapai Batik Air kembali mendarat di Bandara Mozes Kilangin  Timika, Sisi Selatan dengan membawa 67 Penumpang dari luar daerah. 

Reynold Ubra selaku Juru Bicara  tim gugus covid-19 Kabupaten Mimika, yang memantau langsung penerbangan di Bandara Mozes Kilangin Timika itu membenarkan penumpang yang masuk ke Timika menggunakan Batik Air dihari ini berjumlah 67 orang. 

Kepada wartawan Reynold mengatakan 67 penumpang yang baru tiba di Timika, semuanya mengantongi surat keterangan sehat atau bebas covid-19,  dan  menggunakan Health Alert Card (HAC). 

Kartu HAC fungsinya sebagai penghubung antara Bandara awal dan tujuan yang diberikan pihak bandara kepada siapa pun yang datang dari luar daerah maupun yang akan berangkat. 

"Mereka yang datang maupun yang keluar selain mengantongi surat keterangan sehat bebas covid-19, juga harus  wajib memiliki kartu HAC, dan penumpang yang baru tiba tim KKP bersama tim kesehatan Kabupaten Mimika melakukan pemeriksaan dokumen, dan surat pernyataan untuk mengikuti protokol kesehatan dan siap untuk diawasi oleh gugus tugas covid-19 Kabupaten Mimika, " ujarnya di Bandara Mozes Kilangin Timika. 

Nama-nama penumpang yang baru tiba akan disampaikan kepada posko kesehatan oleh tim penyelidikan epidemiologi  untuk nanti diawasi. 

"Mereka akan kita pantau, dan kita akan lihat dari hasil pengawasan siapa diantara  mereka yang kita lakukan rapid?, " ujarnya. 

Bagi penumpang berangkat,  kata Reynold harus tiba di Bandara 4 jam sebelum keberangkatan, untuk memudahkan petugas melakukan pengecekan terhadap dokumen kesehatan serta pengukuran suhu tubuh juga untuk mendapatkan kartu HAC. 

"Yang berangkat prosesnya berjalan sangat baik. Sebanyak 70 penumpang yang terbang ke luar Timika dengan kota tujuan sebagian ke Makassar dan ada juga ke kota lain dan transit di Makassar dan juga Jakarta," ujarnya. 

Segala kekurangan dan kelebihan,  Plt Kepala Dinas Kesehatan itu mengatakan akan menjadi bahan evaluasi tim gugus pada tanggal 18 mendatang. 

Sebelum berangkat Sila salah satu pelaku perjalanan di Bandara Mozes Kilangin kepada Salam Papua berharap Pemerintah Kabupaten Mimika dapat membenahi proses atau alur pelayanan untuk mendapatkan surat keterangan sehat bebas covid-19. 

Menurutnya alur yang digunakan terlalu ribet, sehingga membuat bingung dalam proses mendapatkan Surat keterangan sehat. 

"Yah kita berharap pemerintah dapat membenahi itu sehingga masyarakat yang ingin mengurus surat itu tidak terlalu ribet,  bila perlu dipermudah," ujarnya. (Jefri Manehat )
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar