Apakah Karyawan Freeport Bisa Turun ke Timika Saat Pra New Normal?

Bagikan Bagikan
Vice Presiden PTFI Bidang Hubungan Pemerintahan Jonny Lingga. (Foto: SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) - Pemkab Mimika bersama Forkopimda, pada Kamis (4/6/2020) telah sepakat untuk menerapkan Pra New Normal selama 14 hari terhitung tanggal 5 sampai 18 Juni 2020.

Menanggapi Pra New Normal ini, Vice Presiden PTFI Bidang Hubungan Pemerintahan Jonny Lingga kepada awak media, Kamis (4/6/2020) menjelaskan kebijakan terkait apakah karyawan di Tembagapura boleh turun ke Timika masih akan dilihat, kebijakan apa yang akan diambil.

"Terkait itu masih kita lihat karena itu beresiko juga, nanti bagaimana caranya akan dilihat, nanti kan ada rotasi kerja namun belum ditentukan besarannya berapa dan lamanya berapa tapi tetap semuanya protokol kesehatan sudah tidak lagi seperti dulu, harus dilaksanakan dengan ketat, tidak sembarang lagi naik, tidak sembarang lagi turun," jelasnya.

Yang pasti kata Jonny, nantinya sebelum karyawan mulai bekerja kembali dari cuti, harus dilakukan tes kesehatan.

Ia juga membenarkan jika kemungkinan nanti akan ada perubahan schedule atau jadwal rencana kerja.

"Ia benar mungkin akan ada perubahan schedule karena harus di tes, virus ini tidak akan hilang bisa saja mungkin pas turun dari Tembagapura bersih tapi dia pulang nanti sakit, sehingga harus di tes ketat supaya dia bisa diketahui kesehatannya. Begitupun sebaliknya, kita juga tidak mau mengirim virus keluar karena kalau ada karyawan kita dalam situasi sudah ada reaktif yah kita karantina. Makanya karantina itu tetap harus ada," jelasnya.

Demikian juga Jonny menjelaskan terkait lalu lintas semua karyawan yang akan pergi dan kembali dari cuti tentu harus mengikuti protokol kesehatan.

"Harus swab tes, harus memastikan semuanya sehat, begitupun kembali ke Tembagapura juga harus ikuti protokol, bukan hanya di pertambangan , tapi secara umum. Kita juga kalau mau bepergian pakai pesawat mau tidak mau harus seperti itu  dimana yang diperbolehkan oleh Pemda Mimika dan provinsi adalah 2 kali seminggu, yang masuk Timika harus terbukti dengan Swab negative," tuturnya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar