Intelektual Kamoro Prihatin Kondisi Kesehatan Mantan Bupati Mimika

Bagikan Bagikan
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob menjenguk mantan Bupati Mimika Titus Oktovianus Potereyauw yang terbaring sakit di rumahnya. (Foto-Antara/Evarianus Supar)

SAPA (TIMIKA) - Tokoh intelektual Suku Kamoro  Kabupaten Mimika Dr Leonardus Tumuka menyatakan prihatin dengan kondisi mantan Bupati Mimika periode 1996-2001, Titus Oktovianus Potereyauw yang dilaporkan dalam kondisi sakit berat tanpa terurus.

Kepada Antara di Timika, Senin, Leonardus mengatakan beberapa pekan lalu dirinya menerima telefon dari keluarga Potereyauw untuk meminta bantuan Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) terkait pelunasan biaya berobat Titus O Potereyauw di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika.

Leonardus sendiri selain bekerja di PT Freeport Indonesia dan juga staf pengajar STIE Jambatan Bulan Timika, juga merangkap tugas sebagai Direktur Yayasan Caritas Timika Papua (YCTP) yang mengelola RSMM Timika.

"Sebetulnya Lemasko sudah siap membayar seluruh biaya pengobatan Bapak Potereyauw. Saya berinisiatif memberitahukan kepada manajemen PT Freeport Indonesia. Akhirnya PT Freeport mengambil alih semua tanggung jawab untuk membiayai pengobatan Bapak Potereyauw selama di RSMM sehingga keluarga tidak dibebankan biaya sama sekali," kata Leonardus.

Sebagai tokoh muda Suku Kamoro, Leonardus menyesalkan tidak adanya kepedulian dan perhatian dari Pemkab Mimika terhadap mantan Bupati Mimika Titus O Potereyauw dan keluarganya.

"Saya sungguh menangis melihat kenyataan hidup Bapak Potereyauw dimana dalam kondisi sakitnya sekarang ini beliau tidak berdaya. Orang tua inilah yang merintis Kabupaten Mimika sampai maju seperti sekarang ini. Tapi Pemkab Mimika sama sekali tidak pernah memberikan perhatian dan bantuan sedikitpun untuk beliau dan keluarganya," tutur Leonardus.

Titus O Potereyauw menjadi Pejabat Bupati (kabupaten administratif) Mimika, dimana saat itu Mimika masih bergabung dengan kabupaten induk Fakfak sejak Oktober 1996 hingga 1999.

Selanjutnya sejak 2000 hingga 2001 Titus O Potereyauw diangkat menjadi Pejabat Bupati Mimika (kabupaten definitif).

 Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob pada Sabtu (27/6) mendatangi rumah kediaman Titus O Potereyauw di Jalan Cenderawasih SP3 Timika untuk melihat langsung kondisi mantan orang nomor satu di Kabupaten Mimika itu.

Ny Florida Kaize Potereyauw menyebut kondisi kesehatan suaminya menurun drastis dalam beberapa bulan terakhir.

"Kondisi bapak sekarang ini tidur-tidur saja, mau bilang tidak sadar tapi masih bergerak. Kalau kita bicara dia tidak bisa jawab. Buka mata sedikit terus tidur lagi. Makan hanya bubur. Semenjak keluar dari rumah sakit minggu lalu, kondisi bapak setiap hari seperti ini," ujar Ny Florida, mantan staf pada Dinkes Mimika itu.

Ny Florida mengatakan suaminya terserang penyakit diabetes, kolesterol dan asam urat.

Suaminya sudah beberapa kali dirawat di RSMM Timika dan pernah berobat di Klinik Kuala Kencana milik PT Freeport Indonesia.

Ny Florida mengakui selama ini tidak pernah ada satupun pegawai Pemkab Mimika yang datang menjenguk suaminya di rumah.

Ia berharap Pemkab Mimika memberi perhatian kepada suaminya.

"Kalau tanya harapan, mungkin pemerintah bisa bantu bapak sesuai dengan kesanggupan pemda saja. Saya tidak bisa bilang apa-apa karena mama tahu kondisi pemerintah juga seperti apa," ujarnya.

Wabup Mimika Johannes Rettob mengakui peran Titus O Potereyauw sangat besar dalam hidupnya hingga mengantarnya kembali ke Mimika pada 2001 setelah sekian lama bertugas di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

"Bapak Potereyauw yang mengajak saya kembali ke Mimika untuk membangun daerah. Saya ada di Timika karena beliau. Beliau ke Jakarta meminta saya kembali untuk membantu di Dinas Perhubungan. Dengan pertimbangan yang cukup panjang saya pun akhirnya kembali," ujar John.

Wabup John mengaku akan melaporkan kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng terkait kondisi kesehatan mantan Bupati Mimika Titus O Potereyauw tersebut.(Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Hai semua

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya berasal dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu anda semua kebenaran, setiap orang yang anda lihat pada catatan mereka di blog dan laman web ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi mangsa cerita mereka dan mereka telah merosakkan hidup saya.
    Saya tidak di sini untuk memberitahu anda kisah bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak wang kepada mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu anda SYARIKAT PINJAMAN sebenar dan sahajalah yang ALLAH hantar untuk mengubah hidup saya, mereka adalah SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen yang diiktiraf dan dibiayai oleh WORLD BANK.

    Mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen, mereka mempunyai terma dan syarat pinjaman yang cukup besar, untuk menutup semua pinjaman mereka mampu dimiliki dan cepat dilunaskan tidak seperti syarikat palsu lain yang anda lihat di sini dalam talian yang akan mengambil wang anda tanpa mengeluarkan pinjaman anda,
    Tolong jangan tertipu oleh saksi yang mempunyai nombor dan whatsapp indonesia, semuanya penipu, bagaimana syarikat individu boleh memberi pinjaman ?, itu harus menjadi pertanyaan pertama anda.

    Rakan-rakan saya di Asia, saya mohon anda mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada anda dengan nama Allah, bahawa saya mengatakan kepada anda semua kebenaran, Syarikat ALL GLOBAL GRANT LOAN, satu-satunya syarikat yang boleh dipercayai dan mereka akan memastikan anda menerima pinjaman anda setelah anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang diperlukan.
    Mengapa anda tidak menjadi antara berita baik ini dengan menghubungi mereka segera sekiranya anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan kewangan anda dan meningkatkan tahap kehidupan anda, berikut adalah EMAIL allglobalgrantloan@gmail.com mereka.

    Anda bebas menghubungi saya di EMAIL fradesyriritia12@gmail.com saya untuk maklumat lebih lanjut, saya dengan senang hati akan mendengar anda berkongsi kisah kebahagiaan anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL kerana memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com
    Whatsapp Syarikat: +1 (304) 997-4034
    E-mel saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus
  2. Pinjaman saya;Rp5,5 miliar.
    suku bunga pinjaman:1% saja
    W/App....: .... +6281617538564
    instagram: Aasimahaadilaaloanfirm
    twitter: ... aasimahaadilaahmedloanfirm
    E-mel: aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com

    salla Llâhu ‘alayhi wa sallam, nama saya Neni Syahir, saya adalah korban penipuan di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp.65.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 5,5 miliar. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan suami saya. saya tidak tahan lagi dengan hal ini. 4 November 2019 ini, saya bertemu dengan seorang teman lama di sebuah restuarant di Bandung yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. AASIMAHA ADILA MEMILIKI LOAN FIRM, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. Tolong, bantu saya untuk berterima kasih kepada ibu muslim yang memberikan pinjaman besar kepada pemilik perusahaan, pabrik burung hantu dan orang pribadi. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia, Jika Anda ingin pinjaman modal besar, Anda dapat menghubungi mereka dan melihat situs web mereka Anda perlu tahu bahwa ada banyak scammers di blog ini yang tidak memiliki situs web di google map, saya menawarkan pinjaman dengan tingkat sangat rendah 1% dan saya mendapat pinjaman dalam 1 jam. .saya punya bukti pembayaran pinjaman saya. Saya bahagia dan lebih baik sekarang
    Kontak Aplikasi pinjaman besar
    E-mel: *******aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    Email saya; ***************** nenisyahir@gmail.com
    Bismillâh ar-ra.hmân ar-ra.hîm

    BalasHapus